081344567070 metromerauke@gmail.com

60 Ton Beras Merauke Dikirim ke Kabupaten  Boven Digoel

Distribusi beras ke Kabupaten Boven Digoel menggunakan truk | IST

Metro Merauke – Kepala Seksi Distribusi Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Merauke, Kastaji mengatakan, 60 ton beras petani telah dikirim ke Kabupaten Boven Digoel.

Pengiriman pertama sebanyak 25 ton dan terakhir pada akhir Desember 2019, 35 ton melalui jalur darat menggunakan sejumlah truk. Dengan demikian, total 60 ton sesuai kuota yang ditentukan telah direalisasikan.

Hal itu disampaikan Kastaji kepada Metro Merauke Selasa (7/1). “Untuk tahap kedua menggunakan tujuh truk. Setiap truk mengangkut 5 ton beras dibawa ke  Boven Digoel,” ungkapnya.

Dari total 60 ton tersebut, demikian Kastaji, 5 ton  di Asiki dan 5 ton lagi di Mindiptana. Sedangkan 50 ton lainnya untuk di Tanah Merah.

“Ini adalah program dari pemerintah pusat yakni bantuan biaya distribusi dalam rangka stabilisasi harga maupun pasokan pangan,” ungkapnya.

Sedangkan penyerapan puluhan ton beras tersebut, jelas dia, dilakukan para pengusaha penggilingan, usaha dagang (UD) maupun perorangan yang membeli langsung dari petani.

“Kalau pengusaha penggilingan, mereka menerima gabah petani. Lalu digiling sekaligus diayak kembali. Selanjutnya ditimbang dan diambil,” ujarnya.

Untuk harga beras dari petani Rp 7.600/kg. Lalu  dibawa ke Tanah Merah dan diambil disana dengan harga Rp 8.000/kg. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri