081344567070 metromerauke@gmail.com

Sampah ‘Menggunung’ di TPS  

Sampah yang belum diangkut dan dibuang ke TPA Bokem | LKF

Metro Merauke – Dalam beberapa hari terakhir, sampah kembali ‘menggunung’ di tempat pemrosesan sementara (TPS) di Jalan Dorem Kai, Kelurahan Samkai, Distrik Merauke. Kini sampah yang ada  belum diangkut dan dibuang ke TPA Bokem.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Merauke, Harmini kepada wartawan Senin (6/1) mengatakan, pada hari raya Natal dan Tahun Baru 2020, volume sampah mengalami peningkatan hingga 200 persen atau 70-80 ton dalam sehari.

Jika dibandingkan hari biasa, sampah yang diangkut dari sejumlah tempat atau dibuang masyarakat secara langsung di TPS  sekitar 40 ton.

“Memang sampah yang paling dominan adalah kaleng maupun botol bekas juga sampah kering lain. Sebelum dibuang ke TPA, dipilah terlebih dahulu oleh petugas di TPS,” ujarnya.

Dikatakan, banyaknya sampah yang menumpuk, karena hanya terdapat satu TPS dalam wilayah kota. Idealnya setiap 200 pelanggan, terdapat satu TPS.

“Persoalannya adalah tidak adanya tanah disiapkan. Juga sulitnya warga menerima untuk dibangun TPS dalam suatu wilayah kelurahan,” ungkapnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD