081344567070 metromerauke@gmail.com

Ketika Romanus Mbaraka Berbagi Berkat Untuk Masyarakat

Mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka sedang duduk membaur bersama masyarakat di Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru | LKF

Metro Merauke – Seperti biasa dalam setiap tahun menjelang Hari Raya Natal bagi umat Kristiani, Mantan Bupati Merauke periode 2011-2015, Romanus Mbaraka pasti mengunjungi masyarakat di kampung-kampung yang tidak terjangkau pelayanan, sekaligus memberikan bingkisan entah dalam bentuk sembako maupun kebutuhan lain.

Untuk kali ini, fokus pelayanan pertama dilakukan di Dusun Yakyu, Kampung Rawa, Biru, Distrik Sota, Kabupaten Merauke.

Rombongan yang mengendarai sepeda motor menyusuri jalan setapak menuju Dusun Yakyu | LKF

Senin (16/12) sekitar pukul 09.30 Waktu Indonesia Timur (WIT)  rombongan yang ‘dikomandani’ Romanus Mbaraka menggunakan tiga mobil melakukan perjalanan ke Rawa Biru. Konvoi ke kampung tersebut  tak menyita waktu lama.

Dari Kampung Rawa Biru, beberapa ketinting (perahu), telah disiapkan. Sekaligus menyusuri air rawa biru  menyeberang ke sebelah yang memakan waktu kurang lebih 20 menit.

Setelah rombongan turun  dari ketinting, sekitar sepuluh sepeda motor telah dipersiapkan. Sekaligus ditumpangi rombongan melanjutkan perjalanan ke Dusun Yakyu dengan jarak kurang lebih 25 kilometer. Waktu tempuh perjalanan sekitar 1,5 jam.

‘Santapan’ debu (abu) menjadi langganan rombongan, akibat pasir serta tanah di badan jalan. Wajah, rambut hingga pakaian rombongan, telah berubah warna dengan bedak ‘alam’ itu.

Meski begitu, semuanya tetap bersemangat. Perjalanan-pun tidak monoton dilakukan. Kurang lebih dua kali rombongan beristirahat. Cerita diselingi lelucun ‘mengocok’ perut rombongan.

Dari kejauhan, tampak sebuah plang tulisan selamat datang di Dusun Yakyu. Memasuki kampung tersebut, pos satuan tugas (Satgas) berada di situ. Sejumlah masyarakat berdatangan sekaligus menyambut kedatangan Romanus Mbaraka.

Sedianya Romanus akan diterima secara resmi masyarakat setempat. Karena mereka sudah mempersiapkan penjemputan sekaligus pengalungan. Hanya saja ia (Romanus: Red) meminta tidak perlu dengan seremonial resmi.

Dari situ, satu persatu warga baik laki-laki maupun perempuan disapa Romanus sekaligus berjabatan tangan. Lalu berjalan bersama-sama menuju ke salah satu rumah. Itupun dilaksanakan di bawa pohon mangga. Sejumlah kursi disusun melingkar. Juga sehelai terpal dibentangkan disekitar agar masyarakat dapat duduk.

Setelah duduk membaur bersama,  Romanus menyampaikan pesan singkat kepada masyarakat setempat menjelang Natal dan Tahun Baru 2020 mendatang.

Dalam arahan singkatnya, Romanus Mbaraka yang akan maju bertarung dalam Pilkada tahun depan mengatakan, dirinya bersama rombongan membawa sejumlah kebutuhan pokok untuk masyarakat disini.

Sejumlah bantuan yang sedang dibagikan kepada masyarakat setempat | LKF

“Tuhan selalu ada dalam hati kita untuk bisa berbagi  kepada sesama. Semoga masyarakat dapat menggunakan bantuan yang diberikan ini dengan sebaik mungkin menyongsong Natal serta dapat memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari,” katanya.

Sejumlah bantuan yang dibawa diantaranya beras, orson, susu, pakayan layak pakai serta sejumlah kebutuhan lain. “Bantuan yang dibagikan ini untuk ukuran saya terlalu kecil. Namun semua ini adalah kasih Tuhan yang diberiikan, sekaligus membantu yang membutuhkan,” ungkapnya.

Dikatakan, pelayanan  dimaksud tidak hanya dilakukan di Dusun Yakyu. Tetapi ada sejumlah kampung lain juga dikunjungi setelah diamati susah dari pelayanan.

“Kepada masyarakat dan juga pendeta maupun Satgas serta aparatur kampung, saya menyampaikan selamat atas pelayanan baik yang telah dilakukan selama ini,” katanya.

Dusun Yakyu, lanjut Romanus, selalu dalam hati. “Tuhan mengutus untuk kita akan kembali lagi. Lalu dari kampung ini lahir seorang Putra Tuhan yang nantinya menjadi manusia di tanah ini,” katanya.

Ketua Dusun Yakyu, Kampung Rawa Biru, Lukas Maywa menyampaikan banyak terimakasih kepada Mantan Bupati Merauke, Romanus Mbaraka bersama rombongan yang telah datang melihat masyarakat di perbatasan RI-PNG, sekaligus memberikan bantuan.

“Kami tidak menyangka kalau Bapak Romanus akan datang mengunjungi masyarakat disini. Tentunya menjadi suatu kebanggaan tersendiri,” ujarnya.

Dia menambahkan, masyarakat di Dusun Yakyu yang berjumlah 25 kepala keluarga dengan 133 jiwa, sangat mengharapkan uluran tangan dari berbagai pihak, apalagi menjelang hari raya Natal.

“Apa yang kami harapkan terjawab hari ini. Dimana Bapak Romanus datang jauh-jauh dari kota membawa sejumlah kebutuhan pokok serta pakayan layak pakai, memberikan secara langsung kepada warga setempat,” ungkap dia. (***)

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD