Cuaca Panas, Pemakaian Listrik di Merauke Meningkat

Manager UP3 Merauke, Didik Krismanto

Metro Merauke – Sejak pertengahan Bulan November 2019, beban pemakaian listrik di wikayah Merauke, Papua meningkat.

Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (PLN UP3) Merauke mencatat, melonjaknya kenaikan beban pemakaian yang terjadi belakangan ini, lebih dipengaruhi faktor cuaca. Disamping adanya penambahan pelanggan baru.

Manager UP3 Merauke, Didik Krismanto menungkapkan, kenaikan beban listrik meningkat dari pemakaian biasanya.

“Pemakaian dari 20 MW, saat ini naik mencapai 22 MW. Kemungkinan karena faktor cuaca. Ada juga peningkatan pelanggan baru, jumlahnya sebanyak 3.800 pelanggan,” ujar Didik kepada wartawan di ruang kerjanya, Jumat (13/12).

Diketahui, sesuai prakiraan cuaca dari BMKG setempat, suhu udara di wilayah Merauke meningkat. Sehingga terjadi lonjakan pemakaian listrik, khususnya pada penggunaan peralatan elektronik pendingin ruangan. Semisal AC maupun kipas angin.

Beruntung, lanjut Didik, sejak dioperasikannya PLTMG semakin memperkuat cadangan listrik di wilayah kerjanya menjadi cukup dan mampu mengcover kebutuhan pelanggannya.

“Dengan daya mampu 34 MW, ini sangat cukup untuk mengvover kebutuhan konsumen. Sementara ini beban mencapai 22 MW, masih ada cadangan 12 MW,” terangnya.

Meski demikian, pihaknya berharap masyarakat berlaku hemat dan lebih bijak dalam penggunaan listrik setiap harinya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan