Cegah Penyalahgunaan Senpi, Puluhan Anggota Polres Merauke Jalani Tes Psikologi

Cegah Penyalahgunaan Senpi, Puluhan Anggota Polres Merauke Jalani Tes Psikologi

Nampak puluhan personel Polres Merauke tengah mengikuti tes psikologi pemegang senpi di KPG Merauke

Metro Merauke – Sebanyak 78 personel Polres Merauke dari berbagai satuan, diantaranya Satuan  Narkoba, Satreskrim, Satlantas maupun anggota yang bertugas ditingkat Polsek, Kamis (12/12) tengah mengikuti tes psikologi pemegang senjata api (senpi).

Dikatakan Kapolres Merauke, AKBP A. Ary Purwanto, tes psikologi oleh Bagian Psikologi Karo SDM Polda Papua yang berlangsung di KPG Merauke, tidak lain bertujuan guna mengantisipasi penyalahgunaan senjata api.

Sekaligus sebagai tolak ukur kelayakan bagi personel kepolisian yang dibekali senpi dalam bertugas.

“Anggota Polri memiliki hak menggunakan senjata dalam bertugas. Dan yang boleh menggunakan senpi harus memenuhi syarat psikologi. Dengan begitu, diharapkan tidak ada lagi anggota yang menyalahgunakan penggunaan senjata,” jelas Kapolres Ary Purwanto kepada wartawan.

Tak cukup sampai disitu, lanjutnya, bagi anggota yang telah lulus tes psikologi pun, tidak serta merta dapat diperbolehkan membawa senjata api. Melainkan masih perlu pertimbangan lainnya, sehingga benar-benar layak dibekali senjata dalam bekerja.

“Ada pertimbangan juga. Semisal berkaitan dengan ancaman, resiko bekerja, tempatnya bekerja, termasuk perilaku anggota itu sendiri selama berdinas. Selama saya menjabat Kapolres Merauke, belum ada anggota yang sampai melakukan penyalahgunaan senpi,” bebernya.

Sehingga, imbuhnya, sebagai bentuk pencegahan, saat ini puluhan personelnya diikutkan menjalani rangkaian tes psikologi. (Nuryani)

Kirim Komentar

Metro Merauke
Kirim WhatsApp