081344567070 metromerauke@gmail.com

Sejumlah Kebutuhan Pokok Mulai Melonjak

Aktivitas di Pasar Wamanggu  Merauke

Metro Merauke – Dua pekan menjelang hari Raya Natal 2019, harga sejumlah komoditas pangan mulai merangkak naik.

Salah satu pedagang di Pasar Wamanggu, Merauke, Ahmad Sofi’i menuturkan, saat ini kenaikan harga barang mulai terasa untuk jenis bawang merah dan bawang putih yang dipasok dari luar daerah. Masing-masing naik Rp5 ribu per kilo gramnya.

“Bawang merah dari Rp35 ribu/kg sudah naik menjafi Rp40 ribu/kg. Juga untuk bawang putih menjadi Rp35 ribu/kg,” ujarnya kepada Metro Merauke, Rabu (11/12).

Kenaikan harga juga terjadi untuk jahe. Sudah beberapa waktu ini, jahe langka di pasaran. Harganya menembus Rp100.000/kg.

Sementara itu, pedagang lainnya Melda mengatakan, kenaikan harga pada aneka bahan sayur sup. Semisal wortel dan kol. Kenaikannya bervariasi. “Kol sekarang Rp25 ribu/kg, ini naik Rp5 ribu. Sedangkan wortel sudah mencapai Rp60.000/kg,” ujarnya.

Penurunan harga justru terjadi untuk cabe dan tomat.

Para pedagang memprediksi, kanaikan harga barang masih akan terus terjadi. Terlebih pada saat mendekati hari raya nanti.

“Sebagian bahan pokok kan didatangkan dari luar Merauke. Dan saat ini belum melakukan pembongkaran barang. Ini juga mempengaruhi harga jual di pasar menjalang hari raya,” pungkasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri