Apresiasi Aksi Heroik 4 Pemuda Selamatkan Korban Tenggelam Menerima Penghargaan

Apresiasi Aksi Heroik 4 Pemuda Selamatkan Korban Tenggelam Menerima Penghargaan

Ke empat pemuda pemberani, masing-masing Ricard Samuel Palpiali, Cavin Leonardo Matwan, Ahmad Irianto, dan Zakarias Mogujai saat menerima piagam penghargaan dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke

Metro Merauke – Tak banyak yang tahu, sosok empat pemuda pemberani ini lah yang telah ikut menyelamatkan nyawa seorang wanita PK (19) saat terjatuh dari jembatan Tujuh Wali-wali (TWW), Merauke, Papua, Jumat (22/11) lalu.

Masing-masing Ricard Samuel Palpiali, Cavin Leonardo Matwan, Ahmad Irianto, dan Zakarias Mogujai. Lewat aksi heroik secara spontan dan tanpa pikir panjang, mereka berhasil menyelamatkan korban tenggelam di jembatan TWW.

Sesaat setelah itu, regu penyelamat dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke datang, hingga akhirnya bersama-sama mengevakuasi korban dengan selamat.

Baca juga: Penyelamatan Dramatis Wanita yang Jatuh di Jembatan TWW

Atas aksi kemanusiaan warga yang peduli dan memberikan pertolongan, ke empat pemuda tersebut mendapat apresiasi dari Kantor Pencarian dan Pertolongan setempat.

Dan untuk pertama kalinya, kantor tersebut menyerahkan piagam penghargaan atas keberanian warga dalam penyelamatan nyawa manusia.

Dikatakan Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan, Raymond Konstantin, langkah terpuji yang dilakukan Ricard, Cavin, Ahmad, dan Zakarias sangat jarang ditemui. “Kita layak berikan apresiasi dan langkah untuk menolong perlu dicontoh,” ucapnya dalam malam gathering, Kamis (5/12).

Kepada wartawan, mereka kembali menceritakan upaya penyelamatan yang spontan dilakukan saat itu.

Menurut Calvin, mereka saat itu sedang lari sore. Sesampainya di jembatan, lokasi kejadian, warga telah ramai berkerumun. Mengetahui ada orang tenggelam, jiwa kemanusiaan untuk menolong sesama langsung muncul.

Berbekal pengalaman bisa berenang, mereka langsung melompat ke Sungai Maro. Satu tujuannya, memberi pertolongan terhadap korban yang sudah terlihat lemas.

“Saya memberanikan diri, berenang ke sungai untuk menyelamatkan korban. Saya tidak sendiri, ke tiga kawan lainnya juga ikut lompat dan menolong. Syukur kepada Tuhan, usaha kita bersama dan petugas SAR telah membantu menyelamatkan korban,” ujarnya. (Nuryani)

Kirim Komentar

Metro Merauke
Kirim WhatsApp