081344567070 metromerauke@gmail.com

Pembentukan PPS Menguat, 5 Bupati Nyatakan Sikap

Asosiasi bupati selatan Papua nyatakan sikap dukung PPS

Metro Merauke – Aspirasi dan dukungan pembentukan Provinsi Papua Selatan (PPS) kian menguat. Terlebih dengan terbentuknya Asosiasi bupati selatan Papua di Merauke, Rabu (27/11).

Kemudian dilanjutkan dengan deklarasi pernyataan sikap mendukung percepatan PPS oleh Bupati Merauke-Frederikus Gebze, Bupati Mappi-Kristosimus Agawemu, Bupati Asmat-Elisa Kambu, Bupati Boven Digoel-Benediktus Tambonop, dan Bupati Pegunungan Bintang-Constan Oktemka.

Dalam kegiatan tersebut disaksikan langsung deklarator pemekaran PPS, Johanes Gluba Gebze, forkopimda dan masyarakat dari 5 kabupaten.

Baca juga: Bergabung dalam PPS, Bupati Pegunungan Bintang: Ingin Keluar dari Keterisolasian

Dikatakan Bupati Merauke, Frederikus Gebze, usulan pemekaran PPS telah lama diperjuangkan dan menjadi aspirasi yang berakar dari masyarakat.

Sehingga ia berharap tak ada pihak yang meragukan perjuangan untuk lahirnya daerah otonomi baru di selatan Papua.

“Pemekaran bukan kepentingan kami berlima tapi menjadi aspirasi masyarakat selatan Papua,” tegasnya.

“Perjuangan ini penuh dengan darah dan air mata. Kalau ada yang tanya DOB untuk siapa?. Ini merupakan untuk orang asli Papua di wilayah selatan. Karenanya, butuh visi baru untuk angkat harkat dan martabat orang selatan Papua,” ucapnya.

Bupati Merauke juga menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang telah memberi ‘lampu hijau’ menuju terwujudnya DOB di selatan Papua.

Dan sebagai tindak lanjut setelah terbentuknya asosiasi bupati di selatan Papua, kata Frederikus Gebze, perlu dipersiapkan dan disusun berbagai hal penting dukung PPS, diantaranya segera menyusun road map pembangunan di wilayah selatan Papua untuk masuk dalam rencana pembangunan jangka menengah nasional sebagai DOB, dan penyiapan SDM. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Satu Pasien Covid-19 Merauke Sembuh, Tersisa Dua Dirawat di RSUD