081344567070 metromerauke@gmail.com

Ketua LMA Kabupaten Merauke ‘Tantang’ Vincentius Dadom Kaize

Ketua LMA Kabupaten Merauke, Ignasius Ndiken | LKF

Metro Merauke – Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Kabupaten Merauke, Ignasius Ndiken menantang Vincentius Dadom Kaize yang mengklaim diri Ketua Umum Empat Golongan Adat Marind-Anim

“Empat golongan adat dari nenek moyang itu tidak ada. Karena masing-masing kampung ada ketua adatnya dan dia raja di kampung tersebut. Jadi dari kampung lain tidak bisa datang mengatur disitu,” ungkap Ignasius kepada Metro Merauke Rabu (27/11).

Ignas kembali mempertanyakan sudah berapa golongan adat yang dimiliki Vincentius? Lalu apakah dia mempunyai hak memanggil beberapa golongan itu atau tidak? “Sandiwara apa yang sedang dimainkan bersangkutan,” ujarnya.

“Kalau Vincentius mengklaim sebagai ketua umum, harus memegang empat golongan adat,” pintanya.

“Saya juga mempertanyakan siapa yang menyepakati dia sebagai Ketua empat golongan adat Marind-Anim?  Mestinya harus duduk bersama terlebih dahulu dan LMA  mengatur,” ungkapnya.

Bagi dia, klaim Vincventius sebagai ketua umum untuk empat golongan adat adalah pernyataan ngawur dan tidak masuk akal.

Ditanya pengangkatan Heribertus Silubun sebagai anak adat, Ignas menegaskan, dirinya tetap mempersalahkan Vincentius yang mengklaim diri sebagai ketua umum. “Kenapa dengan mudanya adat untuk dijual,” kritiknya.

“Jangan hanya ingin mendapatkan sesuatu lalu seenaknya mengangkat  suku lain menjadi anak adat sekaligus diberikan marga. Pengangkatan seorang anak adat tidak semudah dilakukan,” tegasnya.

Ignas menambahkan, kemungkinan Vincentius tidak mengerti dan memahami tentang adat. Atau bisa saja sudah saling bisik membisik, kalau setelah dikukuhkan akan diperhatikan dengan baik.

“Jadi pengukuhan Heribertus Silubun sebagai anak adat, bagi saya tidak sah,” tegasnya. (LKF)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri