081344567070 metromerauke@gmail.com

Diperketat, Pemeriksaan Barang Penumpang Kapal

Barang bawaan penumpang KM Sirimau diperiksa petugas

Metro Merauke – Guna mengantisipasi masuknya barang-barang ilegal ke Merauke, Papua melalui jalur transportasi laut, secara terpadu dilakukan pemeriksaan barang dan penumpang kapal yang masuk di Pelabuhan laut Yosudarso Merauke.

Seperti halnya KM Sirimau, yang sandar Rabu pagi (20/11). Petugas dari Polsek Kawasan Pelabuhan bersama anggota TNI AL, KSOP, PT PELNI, Kesehatan Pelabuhan, Karantina Hewan dan Tumbuhan serta Pelindo IV Cabang Merauke melakukan pemeriksaan kapal yang membawa 576 penumpang dari pelabuhan lanjutan Agats, Asmat.

Kapolres Merauke, melalui Kapolsek Kawasan Pelabuhan Laut Merauke, Iptu Bambang IR mengatakan, pihaknya perlu memperketat pengawasan dan pemeriksaan sesuai standar operasional.

“Kita harus perketat pemeriksaan barang-barang bawaan untuk mengantisipasi masuknya barang illegal. Sehingga saat pemeriksaan dan ada yang dicurigai langsung diperiksa. Namun harus sesuai standar operasional prosedur,” ujarnya.

Ia menekankan setiap personel yang diterjunkan  melaksanakan pengamanan kapal putih senantiasa diminta mengedepankan pelayanan yang persuasif. Semisal dengan sapa, senyum, dan salam.

Dikatakan, dalam pelaksanaan pemeriksaan barang bawaan penumpang kapal telah dilakukan dan berjalan lancar.

“Dalam periksaan barang-barang, tidak kita temukan adanya barang illegal,” tukasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan

Polda Papua: Tidak Benar KKB Merampas Ribuan Amunisi TNI/Polri