Penyesuaian Iuran, Sejumlah Peserta BPJS Kesehatan Merauke Pilih Turun Kelas

Kepala BPJS Cabang Merauke, Erfan Chandra Nugraha

Metro Merauke – Sejak dua bulan terakhir, sejumlah peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS) mandiri di Kabupaten Merauke, Papua mulai menurunkan kelas kepesertaannya.

Tercatat, Oktober hingga pertengahan November 2019 ini, sudah ada 8 peserta yang telah turun kelas. Dari kelas 2 menjadi kelas 3.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Erfan Chandra Nugraha memperkirakan, peserta BPJS mandiri yang pindah kelas bisa terus bertambah.

Pihaknya tak mengetahui pasti alasan peserta BPJS Merauke yang memilih turun kelas. Hanya saja, bertepatan dengan sejak diumumkannya kebijakan penyesuaian iuran BPJS oleh pemerintah pusat.

“Data terakhir sudah ada 8 peserta yang pindah kelas. Bisa jadi, di lapangan ada yang datang tapi belum bisa dilayani alih kelas karena untuk perpindahan kelas ada ketentuannya,” jelas Erfan kepada wartawan, Sabtu (16/11).

Terkait penyesuaian iuran BPJS Kesehatan tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019, tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan.

Erfan menyebut, BPJS Kesehatan tidak melarang peserta untuk pindah atau turun kelas sesuai dengan kemampuan masyarakat.

Sesuai ketentuan, lanjutnya, untuk perpindahan kelas, usia kepesertaan minimal sudah 1 tahun, atau sudah 1 tahun dari proses pindah kelas sebelumnya.

“Yang tidak kalah penting lagi, peserta tidak ada tunggakan pembayaran iuran,”tandasnya. (Nuryani)

Tinggalkan Balasan