Seorang Warga Tewas Tertembak di Tolikara

Seorang Warga Tewas Tertembak di Tolikara

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto

Metro Merauke – Seorang warga Kabupaten Tolikara, Papua bernama Yalimen Wandik tewas tertembak pada Sabtu (9/11/2019).

Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih, Kolonel Cpl Eko Daryanto dalam siaran pers tertulis, Minggu malam (10/11), mengatakan insiden tersebut bermula ketika korban bersama empat orang rekannya yang dipengaruhi alkohol melakukan pengrusakan kios dan mengancam pemilik kios bernama Asok, di Jalan Giling Batu Distrik Karubaga menggunakan parang dan batu.

“Ketika kejadian, seorang anggota TNI yang melintas di lokasi berupaya menyelamatkan dan mengamankan pemilik kios. Akan tetapi, ia juga diserang,” kata Eko Daryanto.

Menurutnya, setelah mendapat laporan dari warga, Satgas TNI dan anggota Polres setempat menuju ke lokasi kejadian. Aparat keamanan gabungan berupaya menenangkan beberapa warga yang melakukan pengrusakan dan pengancaman. Akan tetapi aparat keamanan justru diserang menggunakan parang.

Katanya anggota TNI/Polri kemudian mengeluarkan tembakan peringatan ke udara untuk membubarkan warga. Korban Yalimen Wandik bersama dua temannya melarikan diri. Aparat gabungan melakukan pengejaran sambil mengeluarkan tembakan peringatan, akan tetapi kembali diserang menggunakan parang.

Kata Eko Daryanto, karena kembali mendapat perlawanan, aparat gabungan kembali mengeluarkan tembakan peringatan dan mengakibatkan korban Yalimen Wandik terkena tembakan.

“Korban kemudian dilarikan ke rumah sakit terdekat dan akhirnya meninggal dunia. Salah satu rekan korban bernama Yakoka Wandik diamankan di Polres untuk dimintai keterangan,” ujarnya.

Selain menyebabkan seorang  warga tewas, insiden tersebut juga menyebabkan seorang anggota TNI mengalami luka memar di bagian pelipis mata kanan.

“Kasus ini kini ditangani Polres setempat. Kodam XVII/Cenderawasih bersama Polda akan melakukan penyelidikan terhadap insiden ini dengan menurunkan tim investigasi gabungan,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Kirim Komentar

Metro Merauke
Kirim WhatsApp