Pelindo dan ADPEL Jayapura Diminta Berdayakan OAP

Pelindo dan ADPEL Jayapura Diminta Berdayakan OAP

Sekjen BMP Papua, Yonas Nusy saat berada di Pelabuhan Jayapura (nampak gedung ruang tunggu Pelabuhan Jayapura)

Metro Merauke – Administrator Pelabuhan (Adpel) Jayapura dan PT Pelindo IV Jayapura diminta memberdayakan orang asli Papua atau OAP dalam pengelolaan pelabuhan Jayapura.

Pernyataan itu dikatakan Sekjen Barisan Merah Putih atau BMP Papua, Yonas Nusy usai melihat kondisi di Pelabuhan Jayapura, Rabu (06/11).

“Sudah berapa banyak orang asli Papua yang diberdayakan di areal pelabuhan ini? Saya akan berusaha menyampaikan kepada PT Pelindo pusat untuk segera membenahi struktur organisasinya dan mengisinya dengan orang asli Papua yang punya kapasitas,” kata Yonas Nusy.

Nusy juga mengkritisi kondisi pelabuhan Jayapura, khususnya gedung ruang tunggu penumpang yang kapasitasnya dinilai sangat terbatas dan fasilitasnya yang dinilai tak layak lagi. Padahal setiap kapal masuk, jumlah penumpang mencapai ribuan.

“Pelindo ini pengelola pelabuhan di bawah koordinasi ADPEL. Kepala ADPEL mesti meminta Pelindo segera membenahi Pelabuhan Jayapura,” ujarnya.

Katanya, jika kondisi ini dibiarkan masyarakat pengguna jasa kapal laut akan merasa dirugikan, padahal mereka telah melakukan kewajibannya membeli tiket saat akan berangkat.

“Saya akan sampaikan masalah ini kepada Menteri Perhubungan. Kita perlu kritisi, memberikan masukan kepada pihak terkait agar segera ada pembenahan. Kalau tidak sanggup mengatasi masalah seperti ini, Jangan tugas di tempat ini,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Kirim Komentar

Metro Merauke
Kirim WhatsApp