BMP Papua Usulkan Paulus Waterpauw Jabat Wakapolri 

BMP Papua Usulkan Paulus Waterpauw Jabat Wakapolri 

Sekjen Barisan Merah Putih atau BMP Papua, Yonas Nusy

Metro Merauke – Sekjen Barisan Merah Putih atau BMP Papua, Yonas Nusy menyatakan pihaknya mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi agar menempatkan Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw sebagai Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri).

Menurutnya, ada berbagai pertimbangan pihaknya sehingga mengusulkan Kapolda Papua tersebut menjabat sebagai Wakapolri. Paulus Waterpauw dinilai telah menunjukkan dedikasinya dalam melaksanakan tugas.

Selain itu, Paulus Waterpauw yang merupakan putra asli Papua dianggap memiliki segudang pengalaman dan prestasi selama bertugas di korps kepolisian.

“Kami bukan minta jatah (pejabat negara) untuk Papua. Tapi Paulus Waterpauw kami nilai layak. Beliau sudah menjabat Kapolda di beberapa daerah yang dianggap rawan dan beliau mampu menciptakan suasana aman di daerah itu,” kata Yonas Nusy, Senin (04/11).

Katanya, dalam karir kepolisiannya, Paulus Waterpauw tercatat pernah menjabat Wakapolda Papua, Kapolda Papua Barat, Kapolda Papua, Kapolda Sumatera Utara dan kini kembali lagi menjabat Kapolda Papua.

“Beliau dua kali dipercaya menjabat Kapolda Papua ini, merupakan pertama kalinya. Selama ini tak ada yang pernah menjabat Kapolda Papua selama dua kali. Ini menunjukkan jika beliau dianggap mampu mengatasi berbagai masalah di daerah rawan, seperti Papua,” ujarnya.

Ia mengatakan, saat baru bertugas di Papua pada kali kedua, Paulus Waterpauw diperhadapkan pada penyelesaian masalah demonstrasi rusuh di Wamena. Akan tetapi Paulus Waterpauw mampu berkoordinasi dengan berbagai pihak menciptakan kedaiaman di Wamena.

“Makanya kami minta Presiden bisa menempatkan Wakapolri yang tepat untuk membantu kapolri dalam melakukan tugasnya. Melayani dan memberikan perlindungan hukum kepada seluruh masyarakat,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

 

Kirim Komentar