Pemkab Merauke Tak Siapkan Anggaran Bantu Pengungsi Wamena Yang Pulang Kampung

Pemkab Merauke Tak Siapkan Anggaran Bantu Pengungsi Wamena Yang Pulang Kampung

Para pengungsi dari Wamena saat di Bandara Mopah | LKF

Metro Merauke – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke tidak menyiapkan anggaran  untuk membantu pengungsi dari Wamena,Jayawijaya yang akan pulang ke kampung halaman.

Demikian disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Merauke, Daniel Pauta kepada wartawan JUmat (4/10). “Kita disini hanya siap dengan menerimanya secara baik untuk berlindung sementara waktu, setelah insiden di Wamena beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Baca juga: Lagi, Ratusan Pengungsi dari Wamena Tiba di Merauke

“Memang tak ada dana dialokasikan untuk diberikan kepada pengungsi membeli tiket pulang kampung. Ada juga yang sudah pulang ke Sulawesi Selatan dengan biaya sendiri,” ungkapnya.

Dikatakan, jika selama disini pengunsi tidak  ada keluarganya, pemerintah mempunyai tugas serta tanggungjawab memfasilitasi. Karena ini adalah tindakan kemanusiaan yang harus dilakukan.

“Atas nama pemerintah, saya memberikan apresiasi kepada paguyuban di Kabupaten Merauke yang meresponi dengan cepat para pengunsi, sekaligus mengambil mereka di tempat penampungkan sementara di GOR Hiad Sai,” ujarnya.

Sebelum dijemput, katanya, pemerintah harus melakukan pendataan terlebih dahulu. Sekaligus mengetahui identitas termasuk asal-usulnya. (LKF)