Puluhan Calon Anggota KIP dan KPID Papua Ikut Uji Kelayakan 

Puluhan Calon Anggota KIP dan KPID Papua Ikut Uji Kelayakan 

Ketua Komisi I DPR Papua, Orgenes Wanimbo (kanan) dan Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long usai uji kepatutan dan kelayakan terhadap calon anggota KIP Papua dan KPID Papua

Metro Merauke – Sebanyak 10 orang calon anggota Komisi Informasi Provinsi (KIP) Papua periode 2019-2023, dan 14 calon anggota Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Papua periode 2019-2022 mengikuti uji kelayakan dan kepatutan, Kamis (3/9/2019).

Uji kelayakan dan kepatutan dilakukan oleh tim Komisi I DPR Papua yang terdiri dari ketua, wakil ketua dan beberapa anggota komisi.

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Tan Wie Long mengatakan hasil uji kepatutan dan kelayakan para calon anggota KIP Papua dan KPID Papua akan dilaporkan pihaknya kepada Ketua DPR Papua.

Setelah itu, pimpinan pimpinan DPR Papua akan menyerahkannya secara kelembagaan kepada gubernur Papua.

“Yang memutuskan dan menetapkan calon yang lolos sebagai anggota KIP Papua dan KPID Papua adalah gubernur. Kami hanya dipercayakan melakukan uji kepatutan dan kelayakan, kemudian memberikan penilaian kepada setiap calon,” kata Tan.

Menurutnya, dari sebanyak 10 orang calon anggota KIP Papua hanya lima orang yang akan ditentukan menjabat pada periode 2019-2023. Lima lainnya berada dalam daftar tunggu.

Sementara dari 14 orang calon anggota KPID Papua hanya tujuh orang yang akan ditentukan menduduki jabatan pada periode 2019-2022, tujuh orang lainnya masuk dalah daftar tunggu.

Hal yang sama dikatakan Ketua Komisi I DPR Papua, Orgenes Wanimbo. Katanya, seleksi calon anggota KIP Papua dan KPID Papua digelar lantaran masa jabatan anggota dua lembaga tersebut telah berakhir beberapa waktu lalu.

“Yang menentukan lolos tidaknya calon anggota KIP dan KPID yang telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan ini, adalah gubernur Papua,” kata Wanimbo.

Menurutnya, nantinya calon yang masuk dalam daftar tunggu akan dilantik menggantikan anggota KIP atau KPID jika dalam melaksanakan tugasnya, ada di antara anggota KIP atau KPID diberhentikan/mengundurkan diri dengan alasan tertentu, atau berhalangan tetap.

“Pelantikan calon anggota KIP dan KPID direncanakan secepatnya. Sebelum pelantikan anggota DPR Papua periode 2019-2024,” ujarnya.

Calon anggota KIP Papua yang mengikuti uji kepatutan dan kelayakan, yakni Adriani Wally, Fransiskus Ivakdalam, Joel Betuel Agaki Wanda, Vereranda Illu Minata, Armin Thalib, Syamsuddin Levi, Henry Winston Muabuay, Yakop Paisei, Wilhelmus Pigai, Irwan dan Chalid Soplely.

Sementara itu, calon anggota KPID Papua yakni Eko Paul Andhika Weriditi, Hendrik Vallen Ayomi, Fegie Y Wattimena, Joko Prayitno, Jefri Simanjuntak, Nahria, La Ode Kaudin, Eveert Zacharias Joumilena, Melkias Mansoben, Rusni Abaidata, Liboria G Atek, H. Rusdi Anwar, Welly Reba, dan Iwan Solehuddin. (Arjuna/Redaksi)