Ratusan Pengungsi di GOR Dijemput Paguyuban

Ratusan Pengungsi di GOR Dijemput Paguyuban

Ratusan pengungsi dari Wamena saat tiba di Bandara Mopah Merauke, Selasa (1/10)

Metro Merauke – Paguyuban dari berbagai suku di Merauke, Papua menyambut hangat kedatangan ratusan pengungsi korban kerusuhan Wamena yang datang di Merauke, Selasa (1/10) kemarin.

Terbukti, paguyuban seperti HKJMS, IKM maupun dari KKSS dan yang lainnya, usai pendataan, langsung menjemput pengungsi yang ditampung di GOR Hiad Sai untuk dibawa tinggal bersama di tempat mereka.

Baca juga: Ratusan Warga dari Wamena Mengungsi di Merauke

Salah satunya Kerukunan Keluarga Masyarakat Bone (KKMB), saat ini menampung sebanyak 16 orang pengungsi, baik dewasa maupun anak-anak.

Ketua KKMB Merauke, H Ali Syahbana mengatakan, pihaknya ikut peduli dan siap membantu para pengungsi. Termasuk dalam pemenuhan kebutuhan mereka selama di Merauke

“Semuanya dalam keadaan baik. Umumnya masyarakat berharap Wamena segera pulih dan normal kembali. Ada yang berencana kembali ke Wamena bila telah kondusif dan ada yang berniat pulang kampung bertemu keluarga,” ujar Ali Syahbana kepada Metro Merauke, Rabu (2/10).

Baca juga: Dramatis, Cerita Korban Selamat Kerusuhan Wamena

Kepala Dinas Sosial Merauke, Herman Gebze menyebut, 199 pengungsi dari Wamena semula disiapkan penampungan sementara di gedung olahraga.

Saat ini, keseluruh pengungsi telah dijemput paguyuban masing-masing. Hal tersebut menunjukan rasa kebersamaan, kekeluargaan dan saling membantu dengan sesama.

“Ini keadaan darurat, Pemkab menyiapkan tempat tinggal sementara di GOR. Dan setelah didata, setiap paguyuban menjemput mereka dengan antusias,” tukasnya. (Nuryani)