Ratusan Warga dari Wamena Mengungsi di Merauke

Ratusan Warga dari Wamena Mengungsi di Merauke

Sekda Merauke, Daniel Pauta didampingi unsur muspida menyalami ratusan pengungsi dari Wamena saat tiba di Bandara Mopah Merauke

Metro Merauke – Sebanyak 199 warga dari Wamena mengungsi ke Merauke, Papua, setelah terjadinya kerusuhan di Wamena, Senin (23/9).

Ratusan pengungsi yang diangkut menggunakan pesawat milik TNI, tiba di Bandara Mopah Merauke, Senin siang (1/10), jam 11.25 WIT.

Danlanud J.A Dimara, Kolonel (PNB) Deni Hasoloan S, menyebut, tercatat sebanyak 450 orang yang mendaftar akan mengungsi ke Merauke.

“Sementara yang tiba ada 199 orang. 165 diantaranya dewasa, 34 lainnya anak-anak. Ada dua orang dalam keadaan sakit dan satu ibu hamil. Setibanya di bandara, yang sakit langsung dievakuasi ke RSUD guna penanganan medis,” kata Danlanud kepada wartawan di Bandara Mopah, Senin (1/10).

Sekda Merauke, Daniel Pauta menyambut kedatangan ratusan pengungsi. Pemerintah daerah setempat menyediakan gedung olahraga sebagai tempat penampungan sementara.

“Pemkab Merauke tidak akan menutup mata untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi pengungsi,” ujarnya.

Ia mengatakan, warga dari Wamena umumnya memilih mengungsi ke Merauke karena merasa lebih aman sampai menunggu situasi pulih kembali. Dan ada yang hendak balik ke daerah asal.

Salah satu pengungsi, Congkini (50) mengaku berterimakasih kepada Pemkab dan masyarakat Merauke telah menyambut baik kedatangan mereka, para pengungsi. Dan langsung diberikan pelayanan, juga tempat penampungan sementara. (Nuryani)

2 komentar (Terima kasih atas komentar Anda)