Koalisi Pengacara HAM Papua akan Dampingi Ketua Umum KNPB

Koalisi Pengacara HAM Papua akan Dampingi Ketua Umum KNPB

Ilustrasi kantor Grapari Telkomasel yang dibakar saat demonstrasi di Kota Jayapura

Metro Merauke – Para advokat HAM di Papua yang tergabung dalam Koalisi Pengacara HAM HAM Papua akan melakukan pendampingan hukum terhadap Ketua Umum (Ketum) Komite Nasional Papua Barat atau KNPB, Agus Kossay.

Agus Kossay ditangkap tim gabungan Polda Papua di Hawai, Kota Sentani, Kabupaten Jayapura pada Selasa (17/09), terkait aksi anarkis saat demonstrasi mengecam ujaran rasis berlangsung di Kota Jayapura pada 29 Agustus 2019.

Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Papua, Emanuel Gobay mengatakan, pihaknya bersama beberapa lembaga lain di antaranya Perkumpulan Advokat Hak Asasi Manusia (PAHAM) Papua, Aliansi Demokrasi untuk Papua (ALDP), dan Perkumpulan Bantuan Hukum (PBH) akan mendampingi Agus Kossay dalam menjalani proses hukum.

“Kini (Agus Kossay) ditahan di Mako Brimob Polda Papua di Kotaraja,” kata Emanuel Gobay, Rabu (18/09).

Menurutnya, Agus Kossay dituduh melanggar pasal 106 Kita Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) terkait makar dan pasal 160 KUHP tentang pengahasutan.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja Agus Kossay telah masuk dalam daftar pencarian orang atau DPO.

“siapa pun oknum yang terlibat aksi anarkis saat demonstrasi berlangsung beberapa waktu lalu, mesti mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Irjen Pol Rudolf Albert Rodja kepada wartawan. (Arjuna/Redaksi)