Deklarasi Damai dari Merauke Bakal Dihadiri Staf Kepresidenan

Deklarasi Damai dari Merauke Bakal Dihadiri Staf Kepresidenan

Suasana rapat persiapan deklarasi damai di Kantor Bupati Merauke

Metro Merauke – Diperkirakan sebanyak 10.000 orang dari berbagai lapisan masyarakat di Merauke, Papua akan mengikuti deklarasi damai.

Bahkan, Tenaga Ahli Deputi IV Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin, juga dijadwalkan bakal hadir dalam kegiatan tersebut, yang dijadwalkan berlangsung, Senin (16/9).

Deklarasi damai akan dipusatkan di Lapangan Kantor Bupati Merauke, Jalan Brawijaya.

Usai memimpin rapat pemantapan jelang pelaksanaan deklarasi damai, Staf Ahli Bupati bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Vicky Imkotta menyebut, deklarasi ini ditujukan untuk mengajak seluruh masyarakat menjaga persatuan dan kedamaian di tanah air.

Yang tidak kalah penting, masyarakat diajak mengedepankan persaudaraan dan kerukunan ditengah keragaman.

“Tujuan deklarasi nusantara untuk memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat dan etnis nusantara, dapat menerima kedamaian, begitu juga yang di luar Merauke untuk memberikan kedamaian yang sama bagi siapa saja,” katanya.

Sebelumnya kegiatan akan digelar Sabtu (14/9). “Namun ada perubahan, pelaksanaanya akan berlangsung, Senin (16/9), karena ada keinginan saudara kita di Jayapura juga akan ikut dan juga Staf Kepresidenan, Ali Mochtar Ngabalin direnacanakan akan mengikuti deklarasi damai di Merauke,” terangnya, Rabu (11/9).

Vicky Imkotta menyebut, rangkaian kegiatan deklarasi akan isi deklasi damai sebagai kegiatan puncak, doa dari lima tokoh agama hingga sambutan bupati. Disusul ramah tamah bersama dan dilengkapi adanya hiburan rakyat, lewat penampilan tari-tarian dari berbagai etnis. (Nuryani)