Romanus Mbaraka Datangi Sekretariat DPC PDI-P Merauke

Romanus Mbaraka Datangi Sekretariat DPC PDI-P Merauke

Cabup Merauke, Romanus Mbaraka sedang menerima berkas persyaratan dari Sekretaris DPC PDI-P Merauke | LKF

Metro Merauke – Calon Bupati Merauke, Romanus Mbaraka didampingi sejumlah timnya, Senin (9/9) sekitar pukul 14.00 WIT, mendatangi Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI-Perjuangan yang beralamat di Jalan Brawijaya.

Dengan mengenakan baju warna merah dipadu celana jeans, Romanus Mbaraka diterima Sekretaris DPC PDI-P Merauke, Yulius KR Ndiken dan Hilarius Ulukyanan serta sejumlah pengurus partai.

“Saya mendapatkan informasi bahwa PDI-P memroses penjaringan cabup dan saya termasuk salah satunya ikut mencalonkan diri,” ungkap Romanus kepada sejumlah wartawan.

Bagi Romanus PDI-P adalah partai besar dan sangat profesional. “Hari ini saya datang di secretariat dan diberikan daftar persyaratan. Jika sudah terpenuhi, akan mendaftar secara resmi,” ujarnya.

Dalam beberapa hari kedepan, kata mantan Bupati Merauke periode 2011-2015 itu,  berkasnya terpenuhi dan akan mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati Merauke.

“Nantinya PDI-P memroses sesuai hirarki dan aturan. Karena pasti  partai mempunyai alat ukur sendiri dan siapa yang diberikan,” ujarnya.

Meskipun rekomendasi adalah kewenangan DPP,  namun akan dipertimbangkan pula input DPD dan DPC.  “Bagi saya, PDI-P adalah partai yang profesional. Sehingga siapa saja termasuk Ketua DPC PDIP Merauke, Heribertus Silubun mempunyai hak pula. Namun tentunya ada alat ukur yang menjadi pedoman DPP,” katanya.

Dia mencontohkan,  ketika Gubernur Sumatera Selatan yang adalah kader Partai Nasdem mencalonkan diri, namun terakhir Surya Paloh tak memberikan rekomendasi kepadanya. Karena Paloh mempunyai alat ukur tentang elektabilitas seorang kandidat.

Sekretaris DPC PDI-P Merauke, Yulius  KR Ndiken mengaku hari ini ada tujuh  bakal calon bupati datang sekaligus diberikan berkas persyaratan untuk diisi.

Tujuh bakal calon itu yakni Romanus Mbaraka, Paschalis Imadawa, Matheus Liem Gebze, Antonius Kaize, Hendrikus Mahuze, Fransiskus Ciwe serta Dominikus Buliba Gebze.

“Nantinya bakal calon melengkapi syarat-syarat sekaligus menginformasikan kepada kami akan mendaftar kembali. Sehingga dapat diketahui siapa yang serius,” ujarnya. (LKF)