Kembali, Stisipol Merauke Lakukan Survei Perilaku Pemilih di Pilkada 2020

Kembali, Stisipol Merauke Lakukan Survei Perilaku Pemilih di Pilkada 2020

Ketua Pusat Kajian Politik Kebijakan Publik dan Pemerintahan, Stisipol, Yaleka Maro Merauke, Yosafat Fonataba dalam jumpa Pers

Metro Merauke – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) 2020, Sekolah Tinggi Ilmu Politik (Stisipol), Yaleka Maro Merauke bakal menggelar survei di Merauke.

Salah satu fokus surveinya adalah, mengetahui model perilaku pemilih dalam memberikan dukungan dalam Pilkada.

Ketua Pusat Kajian Politik Kebijakan Publik dan Pemerintahan, Stisipol, Yaleka Maro Merauke, Yosafat Fonataba menjelaskan, survei dengan menerjunkan 4 orang dosen dan 20 mahasiswa itu, akan dimulai dalam waktu dekat.

Mereka bakal mewawancarai 410 responden dari 30 kampung dan 11 kelurahan yang tersebar pada 10 distrik di Kabupaten Merauke.

“Survei seperti ini sudah Stisipol lakukan setiap menjelang Pilkada. Survei perilaku pemilih  bertujuan untuk mengetahui model-model perilaku masyarakat dalam pemberian dukungan terhadap figur dalam pilkada,” terangnya kepada wartawan, Rabu (4/9).

Selin itu, lanjutnya, survei yang dilakukan menggunakan metode pendekatan kualitatif dan pendekatan kuantitatif, juga guna mengetahui peta dukungan masyarakat tehadap bakal calon.

“Manfaatnya besar bagi partai politik, bakal calon, pemerintah dan bagi kami perguruan tinggi, terkait dalam kaitannya ke depan melakukan pendidikan politik, sosilaisasi politik hingga rekrutmen politik terkait bakal calon.”

Diungkapkan, hasil dalam survei yang dilakukan terdahulu, dominan perilaku pemilih masih berdasarkan sosiologis.  “Model perilaku pemilih jangan sampai tidak dikendalikan akan cenderung money politik, itu tidak bagus. Kita arahkan pemilih yang rasional, tapi tidak dipungkiri dalam pelaksanaan, tidak semua pemilih begitu. Sehingga perilaku pemilih perlu dibangun, tujuannya peningkatan partisipasi masyarakat dalam pilkada Merauke mendatang,” jelasnya.

Nantinya, kata Yosafat, hasil survei yang dilakukan dari Stisipol Merauke akan disampaikan kepada publik. (Nuryani)