Forum Pembauran Kebangsaan Serukan Perdamaian di Papua

Forum Pembauran Kebangsaan Serukan Perdamaian di Papua

Forum Pembauran Kebangsaan Kabupaten Merauke melakukan deklarasi yang juga dihadiri tokoh masyarakat, Yohanes Gluba Gebze

Metro Merauke – Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Merauke, Papua yang terdiri semua perwakilan etnis melakukan deklarasi untuk menyerukan perdamaian di Tanah Papua, Selasa (3/9).

Deklarasi dipimpin langsung Ketua Forum Pembauran Kebangsaan, Weren F. Kahol di Aula Kesbangpol Merauke.

Dalam deklarasinya Ketua FPK menyebutkan enam poin penting yang diserukan guna menyikapi situasi dan kondisi di Papua.

Diantaranya, Mengutuk dengan tegas berbagai bentuk diskriminasi. Mengutuk dan menolak segala bentuk kekerasan, pengrusakan, kerusuhan dan kejahatan yang melanggar HAM.

“Forum Pembauran Kebangsaan mendukung pemerintah, pelaku rasialisme diproses secepatnya sehingga tidak timbulkan konfilk berkepanjangan,” kata Kahol.

Selain itu, FPK mengimbau komponen masyarakat bersama-sama komitmen untuk menjaga kamtibmas serta kedamaian bermasyarakat, dan mengajak masyarakat Merauke-Sabang untuk hidup berdampingan dengan penuh kasih sayang  tanpa mebedakan suku, agama dan ras.”

Yang tidak kalah penting, masyarakat diharapkan tidak mudah terprovokasi dengan isu dan hoaks yang dapat menyebabkan perpecahan.

Dalam pertemuan tersebut turut dihadiri tokoh masyarakat, Yohanes Gluba Gebze. Dirinya meminta lapisan masyarakat bersatu dan membangun negara ini dengan hati yang tulus.

Ia memastikan kondisi keamanan di Merauke tetap kondusif. Untuk itu, masyarakat diminta tetap melakukan aktivitas sehari-hari dan tidak terpengaruh dengan adanya isu yang belum pasti kebenarannya. (Nuryani)