Bupati Merauke Launching Gerakan Pengendalian Sampah Plastik

Bupati Merauke Launching Gerakan Pengendalian Sampah Plastik

Untuk mengurangi sampah plastik, di Merauke mulai diterapkan program pengurangan sampah plastik berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 23, tahun 2019

Metro Merauke – Guna mewujudkan pengurangan sampah plastik, Pemerintah Kabupaten Merauke, Papua telah melaunching Program Pengendalian Sampah Plastik, Selasa (3/9).

Bupati Merauke, Frederikus Gebze  menuturkan, program pengendalian sampah plastik tidak lain bertujuan, untuk pengurangan sampah plastik dan menciptakan Merauke yang bersih.

Sebagai tindak lanjut penerapan Peraturan Bupati Nomor 23 tahun 2019, di pusat perbelanjaan, toko-toko modern saat ini tidak lagi menyediakan kantong plastik.

Sebagai gantinya, disetiap toko disiapkan tas belanja pengganti plastik, atau warga saat belanja ke pertokoan membawa kantong sendiri.

Bupati Frederikus Gebze berharap, dengan sosialisasi tersebut, masyarakat dapat mengurangi penggunaan kantong plastik, terutama saat berbelanja.

Menurut Bupati, keberhasilan program pengurangan sampah plastik butuh kerjasama dan dukungan masyarakat.

“Bukan lagi tidak boleh dipakai, tapi dikurangi penggunaannya dan tidak dibuang sembarangan. Ini bentuk tanggung jawab terhadap diri sendiri dan lingkungan,” katanya.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Elias Mite menjelaskan, plastik merupakan jenis sampah yang sulit terurai. Sehingga, perlu dilakukan gerakan pengurangan sampah plastik.

“Indonesia dengan jumlah pencemaran sampah plastik ke laut terbesar ke dua di dunia untuk ikut mengurangi sampah plastik, Pemkab Merauke menerapkan Progam Pengedalian Sampah Plastik lewat Peraturan Bupati, Nomor 23 tahun 2019,” jelasnya. (Nuryani)