Gubernur Papua Diharapkan Menenangkan Masyarakat 

Gubernur Papua Diharapkan Menenangkan Masyarakat 

Ilustrasi demo masyarakat Papua di Kota Jayapura pada 19 Agustus 2019, mengecam rasisme

Metro Merauke – Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Papua, Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja berharap Gubernur Papua, Lukas Enembe menangkan masyakat di provinsi paling timur Indonesia itu agar tetap menjaga kedamaian. Tidak terprovokasi oleh isu apa pun.

Pernyataan itu dikatakan Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja usai rapat tertutup pimpinan forum komunikasi daerah atau forkopimda, di Mapolda Papua pada Kamis (22/08).

Meski kini situasi Papua secara umum kondusif, akan tetapi Kapolda Papua berharap gubernur menyampaikan pesan-pesan menyejukkan kepada masyarakat.

“Kami berharap, gubernur yang kini berada di Jakarta menyampaikan pesan-pesan menyejukkan. Jangan yang tidak menyejukkan,” kata Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja.

Katanya, kemungkinan hari ini Gubernur Papua bertemu Presiden Joko Widodo. Untuk itu Polda Papua berharap Gubernur Papua menyampaikan kepada masyarakat jika masalah ini sudah selesai. Sudah ditangani pemerintah sehingga tidak perlu lagi ada unjukrasa.

“Kalau gubernur menyampaikan pesan-pesan menyejukkan, semua sudah selesai,” ujarnya.

Kata Kapolda Papua pada 19 Agustus, masyarakat di Kota Jayapura telah menyampaikan aspirasi kepada gubernur, Majelis Rakyat Papua dan DPR Papua. Mestinya tidak ada lagi unjukrasa, karena para pengambil kebijakan di Papua telah mendengar dan menerima aspirasi itu.

“Tidak perlu lagi ada unjuk rasa dan lainnya. Gubernur sudah tahu aspirasi massa dan akan disampaikan kepada pemerintah pusat,” ujarnya. (Arjuna/Redaksi)