Rayakan HUT RI, SMP Negeri 1 Gelar Upacara Bernuansa Adat Nusantara

Rayakan HUT RI, SMP Negeri 1 Gelar Upacara Bernuansa Adat Nusantara

Upacara HUT ke-74 RI di SMP Negeri 1 Merauke, sebagian siswa maupun para guru menggunakan pakaian adat

Metro Merauke – Upacara peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI, Sabtu (17/8) berlangsung meriah di berbagai wilayah. Salah satunya, upacara yang dilakukan SMP Negeri I Merauke, Papua.

Upacara yang dipimpin Kepala Sekolah, Misnurliana Rambe berlangsung khidmat. Nampak sebagian muridnya menggunakan pakaian adat. Tak ketinggalan, para guru pun ikut mengenakan pakaian daerah.

Upacara yang dipimpin langsung Kepsek Misnurliana Rambe

Kepala SMP Negeri 1, Misnurliana Rambe mengatakan, digelarnya upacara HUT RI tahun ini dengan menggunakan baju adat, tidak lain guna membangkitkan rasa nasionalisme siswa ditengah berbagai kemajuan global.

“Siswa perlu mengetahui adanya keberagaman suku dan daerah di Imdonesia. Jangan sampai  siswa melupakan adat istiadat yang ada, jadi kami tanamkan terus menerus agar kebudayaan ini tak pernah luntur,” katanya kepada Metro Merauke, Sabtu (17/8).

Yang tidak kalah penting, moment hari kemerdekaan, para siswa diajak untuk mengenang dan menghargai jasa pahlawan dengan giat belajar.

Disamping itu, sebagai penyemarak HUT ke-74 RI, di SMPN 1 pun diadakan aneka perlombaan yang diikuti rarusan siswa. Semisal lomba menghias nasi tumpeng, lomba pengerek bendera dan pertandingan sepak bola antar kelas.(Nuryani)