Pesawat Jenis Pilatus Tergelincir di Puncak Jaya

Pesawat Jenis Pilatus Tergelincir di Puncak Jaya

Pesawat Jenis Pilatus yang Tergelincir di Bandara Mulia - Dok. Humas Polda Papua

Metro Merauke – Pesawat jenis Pilatus milik Dimonim Air PK-HVL yang terbang dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura tergelincir saat mendarat di Bandara Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua pada Sabtu (17/08) sekitar pukul 12.30 WIT.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal mengatakan pesawat yang dipiloti Jhonny S.T dengan F.O Firman G itu terbang dari Sentani dengan membawa sembilan penumpang.

Saat mendarat di Bandara Mulia, terdengar suara letusan dari ban sebelah kiri pesawat, yang membuat pilot tidak bisa mengendalikan pesawat. Pesawat kemudian menabrak pagar pembatas Bandara Mulia.

“Personel KPPP bandara beserta tim pengamanan bandara kemudian menuju ke lokasi tergelincirnya pesawat, dan melakukan evakuasi terhadap seluruh penumpang,” kata Kombes Pol A.M. Kamal dalam siaran persnya, Sabtu petang (17/08).

Menurutnya, setelah mendapat laporan tergelincirnya pesawat Pilatus tersebut, personel Polsek Mulia langsung menuju lokasi melakukan pengamanan, menstrerilkan tempat kejadian.

Tak ada korban jiwa dan korban luka dalam insiden itu. Badan pesawat juga tidak bermasalah, namun ban sebelah kiri dan baling-baling depan mengalami kerusakan yang cukup parah. Beberapa penumpang pun nampak shock,” ujarnya.

Adapun kesembilan penumpang pesawat jenis Pilatus itu, yakni Briptu Widhi Nugraha, Romoaldus, Yohanes, Tekimin T, Nelson Wonda, Tonen Kogoya, Junedi L, Menenak. E dan Tewingga.E.

Pasca-insiden personel Polres Puncak Jaya maupun personel Polsek Mulia dan Paskhas TNI AU, masih berjaga-jaga di seputaran Lokasi sambil menunggu kedatangan tim evakuasi. (Arjuna/Redaksi)