Siap Pimpin DPR Papua, Gerson Soma: Non Kader Mesti Tahu Diri

Siap Pimpin DPR Papua, Gerson Soma: Non Kader Mesti Tahu Diri

Anggota DPR Papua dari Partai NasDem, Gerson Soma

Metro Merauke – Anggota DPR Papua dari Partai Nasional Demokrat (NasDem) Gerson Soma menyatakan siap mengemban amanah, jika pengurus partai mempercayakannya memimpin lembaga DPR Papua lima tahun mendatang atau periode 2019-2024.

Ia mengatakan, NasDem dipastikan akan menempati posisi ketua DPR Papua lima tahun mendatang setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak semua perselisihan hasil pemilihan legislative dari Papua. Meski perolehan kursi NasDem di DPR Papua jumlahnya sama dengan Partai Demokrat, namun partai yang dinakhodai Surya Paloh itu unggul dalam akumulasi perolehan suara.

Ia mengatakan, Ketua DPW NasDem Papua menyatakan telah mengusulkan tiga nama calon ketua DPR Papua ke DPP. Jika ia diberi kepercayaan, ia siap mengemban amanah tersebut.

“Kalau saya diberi kepercayaan, saya siap memimpin DPR Papua. Kami berharap tiga nama yang diusulkan DPP itu adalah orang asli Papua, dan merupakan kader murni partai,” kata Gerson Soma, Selasa (13/08).

Ia mengingatkan mereka yang bukan kader murni partai NasDem tidak perlu ambisi merebut posisi pimpinan DPR Papua. Jangan memaksakan diri menduduki jabatan yang merupakan hak orang lain.

“Saya bersama Ibu Herlin Beatrix Monim dan Pak Laurenzus Kadepa merupakan kader murni partai, yang telah duduk di lembaga ini sejak lima tahun lalu. Kini semua keputusan ada pada pengurus partai di pusat,” ujarnya.

Ditolaknya gugatan hasil pemilihan legislatif dari Papua oleh MK, merupakan keputusan final dan membuat Gerson Soma dipastikan kembali duduk di DPR Papua lima tahun ke depan.

Gerson Soma merupakan caleg Partai NasDem dari derah pemilihan Kabupaten Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang yang memperoleh 17 ribu suara, saat pemilihan legislatif pada April lalu.

“Terimakasih kepada rakyat Yahukimo, Yalimo dan Pegunungan Bintang yang mempercayakan saya kembali duduk di DPR Papua lima tahun ke depan. Terimakasih kepada tim dan KPU kabupaten, KPU provinsi dan MK,” ucapnya.

Dalam lima tahun terakhir lanjut Gerson, keberhasilan Partai NasDem di Papua cukup signifikan. Hasil pileg 2019, NasDem menempatkan kadernya di beberapa DPRD kabupaten/kota sebagai ketua atau wakil ketua DPRD.

“Nasdem ini baru dua kali ikut Pemilu tapi kepercayaan rakyat sudah luar biasa. Suara NasDem murni dari rakyat. Terimakasih kepada rakyat Papua yang percaya kepada Partai NasDem,” katanya.

Terkait pilkada 11 kabupaten di Papua pada 2020 mendatang, Gerson meminta pimpinan DPW dan DPP partai NasDem memberi kesempatan kepada kader partai.

Katanya, belajar dari beberapa kali pilkada lalu NasDem kebanyanyak mendukung kader partai lain. Namun seiring waktu, ketika kader itu terpilih ia tidak berkontribusi terhadap Partai NasDem.

“Saya sendiri siap maju di Kabupaten Yahukimo jika saya tidak dapat posisi ketua DPR Papua. Saya tinggal tunggu rekomendasi dari partai,” ucapnya. (Arjuna/Redaksi)

2 komentar (Terima kasih atas komentar Anda)

  1. Noe wa…. GBU!
    Saya ingat ketika kk saya ini (GERSON SOMA) “saya juga marga Soma”. Kala itu hendak hengkang di dunia politik dan masih terikat dgn status PNSnya di pemda kab. Yahukimo (Dinas Pendidikan). Bahkan berkasnya pun masih saya simpan.

    Balas