Danrem 174/ATW Beri Kuliah Umum di UNMUS Merauke

Danrem 174/ATW Beri Kuliah Umum di UNMUS Merauke

Danrem 174/ATW, Brigjen TNI saat memberikan materi bela negara bagi mahasiswa baru Unmus | Istimewa

Metro Merauke – Komandan Korem 174/ATW, Brigjen TNI Agus Abdurrauf, Selasa (13/8), memberikan materi kuliah umum tentang wawasan kebangsaan bagi 1.860 mahasiswa Universitas Musamus Merauke.

“Kuliah umum bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda, tentang pentingnya bela negara disertai dengan wawasan kebangsaan yang meliputi empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI,” katanya.

Lanjutnya, bangsa Indonesia wajib mempertahankan wilayah dari berbagai ancaman. Sehingga sejak dini perlu ditanamkan kecintaan kepada NKRI serta semangat rela berkorban demi menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.

“Dalam bela negara itu, TNI sebagai komponen utama dengan didukung komponen cadangan dan pendukungl9olllainnya,” ujarnya.

Sedangkan mengenai empat pilar kebangsaan, meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Keempat pilar ini apa bila dapat melekat dengan baik, maka kita akan memiliki ketahanan Nasional yang kuat dalam menghadapi ancaman baik dari dalam maupun luar negeri,” ujarnya.

Danrem berharap, agar para mahasiswa Universitas Musamus dapat menyelesaikan belajar dengan baik, sehingga pengalaman serta ilmu yang telah diperoleh nantinya dapat diterapkan di lingkungan kampus dan bermanfaat di tengah masyarakat.

Usai pemberian kuliah umum, Danrem 174/ATW menerima peghargaan sertifikat dan ucapan terimakasih dari Rektor Unmus Merauke. (Nuryani)