Almarhum Briptu Hedar Dianugrahi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Almarhum Briptu Hedar Dianugrahi Kenaikan Pangkat Luar Biasa

Upacara pelepasan jenazah Briptu Hedar saat akan diterbangkan ke kampung halamannya - Humas Polda Papua

Metro Meruke – Brigadir Satu (Briptu) Hedar, anggota Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua yang ditemukan tewas di Kabupaten Puncak, Papua dianugrahi kenaikan pangkat luar biasa setingkat lebih tinggi menjadi Brigadir Polisi (Brigpol) anumerta.

Briptu Hedar ditemukan tewas dengan luka di kepala beberapa jam pasca-dibawa sekelompok orang tak dikenal di Kampung Usir, Kabupaten Puncak pada Senin (12/08).

Jenazah almarhum telah diterbangkan dari Bandara Moses Kilangi, Kabupaten Mimika, Papua ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan pada Selasa (13/08).

Almarhum akan dimakamkan di kampung halamannya, Desa Siawung, Kecamatan Barru, Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan.

Sebelum diberangkatkan ke kampung halamannya, terlebih dahulu digelar upacara pelepasan jenazah sebagai penghormatan terakhir terhadap Briptu Hedar di Bandara Moses Kilangin Mimika.

Upacara pelepasan jenazah dipimpin Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja dan dihadiri Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Josua Pandit Sembiring, Bupati Puncak Willem Wandik, Kabinda Papua dan para pejabat Polda Papua, Kapolres Mimika, Kapolres Puncak Jaya, Dandim dan pejabat Kodim 1707 Mimika.

“Almarhum Briptu Hedar mendapatkan kenaikkan pangkat luar Biasa setingkat lebih tinggi menjadi Brigpol anumerta,” kata Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja.

Menurutnya, kenaikan pangkat luar biasa tersebut berdasarkan surat telegram kapolri Nomor: STR/2111/VIII/KEP./2019 tertanggal 12 Agustus 2019. Kenaikan pangkat ini merupakan bentuk penghormatan pimpinan Polri kepada anggotanya yang gugur dalam melaksanakan tugas.

Sementara Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal mengatakan selama lima tahun bertugas di kepolisian, almarhum Briptu Hedar dikenal disiplin, jujur, dan bertanggung jawab melaksanakan tugas dari pimpinan.

“Pada 2017, almarhum mendapat kenaikan pangkat luar biasa karena terlibat pembebasan warga yang disandera kelompok kriminal bersenjata di Kampung Banti, Distrik Tembagapura, Kabupaten Mimika pada 11 November 2017,” ujar Kombes Pol A.M. Kamal.

Almarhum yang merupakan putra kelahiran Barru pada 17 Juli 1995, mengikuti pendidikan Bintara Tugas Umum Polri Tahun 2014 di SPN Polda Papua di Papua.

Setelah lulus pendidikan Bintara Polri pada 2015, Briptu Hedar di tugaskan di Polres Lanny Jaya, Papua sebagai Bintara Reskrim selama dua tahun, sebelum bergabung dengan Direktorat Reserse dan Kriminal Umum Polda Papua pada 2017. (Arjuna/Redaksi)