Puluhan Motor Sitaan Polresta Jayapura Diambil Pemiliknya 

Puluhan Motor Sitaan Polresta Jayapura Diambil Pemiliknya 

Penyerahan motor kepada salah satu pemilik kendaraan - Dok. Polresta Jayapura

Metro Merauke – Sebanyak 45 dari 500 kendaraan roda dua atau motor yang diduga hasil curian dan disita Polres Jayapura Kota (Polresta Jayapura) serta jajarannya dalam berbagai operasi selama 2018-2019, diambil pemiliknya.

Puluhan motor itu diambil pemiliknya saat Polresta Jayapura menggelar pengembalian kendaraan roda dua hasil temuan dalam berbagai operasi, di Lapangan Karang Papua Trade Center (PTC), Distrik Jayapura Selatan, Kota Jayapura pada Sabtu (10/08).

Kapolresta Jayapura, AKBP Gustav Urbinas mengatakan motor yang diambil pemiliknya tersebut merupakan hasil sitaan Satuan Reskrim Polresta Jayapura sebanyak 15 unit, Satuan Lalu Lintas Polresta Jayapura sebanyak tiga unit, Polsek Abepura sebanyak delapan unit, Polsek Jayapura Selatan sebanyak lima unit, Polsek Sub Sektor Heram sebanyak empat unit.

“Tidak dipungut biaya dalam pengembalian itu. Masyarakat cukup menunjukkan dokumen bukti kepemilikan motor. Pemilik motor kami berikan suvenir berupa bendera merah putih, untuk dipasangkan di kendaraannya dan kupon makan,” kata AKBP Gustav Urbinas, Sabtu (10/08).

Kata Kapolresta Jayapura, motor yang disita Polresta Jayapura dan jajarannya selama tahun lalu hingga kini sebanyak 590 unit. Namun yang ditampilkan saat pengembalian hanya sebanyak 258 unit, karena kondisi 332 motor lainnya sudah tidak layak (rusak parah).

“Ratusan motor ini hasil berbagai kegiatan kepolisian sejak beberapa tahun terakhir. Misalnya hasil cipta kondisi, razia, pengembangan pelaku kejahatan, temuan patroli hingga penggeledahan di Rusunawa dan Unit Asrama Kampwolker Perumnas III Waena,” ujarnya.

Menurutnya, ratusan motor lain yang belum diambil pemiliknya tetap ditampilkan di lokasi pengembalian. Masyarakat yang pernah kehilangan motornya diberikan waktu hingga 14 Agustus, untuk ke lokasi mengecek apakah  ada di antara ratusan kendaraan itu miliki mereka yang pernah hilang.

“Masyarakat bisa datang ke lokasi pengembalian setiap hari kerja mulai pukul 09.00 WIT-15.00 WIT. Motor yang tidak ada pemiliknya datang mengambilnya hingga batas waktu yang ditentukan, kami akan tampung kembali di Mapolresta Jayapura,” ucapnya.

Agenda pengembalian ratusan motor tersebut merupakan salah satu upaya Polresta Jayapura memberikan pelayanan kepada masyarakat dan dalam rangka memperingati HUT RI ke-74 pada 17 Agustus 2019. (Arjuna/Redaksi)