Puluhan Motor Diduga Hasil Curian Ditemukan Polisi di Rusunawa dan Asrama Uncen

Puluhan Motor Diduga Hasil Curian Ditemukan Polisi di Rusunawa dan Asrama Uncen

Motor yang diamankan Polresta Jayapura - Dok. Polresta Jayapura

Metro Merauke – Kepolisian Resor Jayapura Kota (Polresta Jayapura) mengerahkan 184 personil yang terdiri dari anggota Polresta Jayapura, Samapta dan Brimob Polda Papua serta Subdit Jatanras Ditkrimum Polda Papua menggeledah rumah susun sederhana sewa atau rusunawa dan asrama mahasiswa Uncen di Perumnas III Waena, Kelurahan Yabansai, Distrik Heram, Kota Jayapura pada Sabtu (04/08).

Dari penggeledahan tersebut, polisi menyita sebanyak 43 unit motor yang diduga hasil curian dan disimpan pelaku di lokasi itu. Polisi juga mengamankan delapan orang yang diduga pelaku pencurian kendaraan bermotor dan pencurian dengan kekerasan yang masuk dalam target operasi polisi.

Kapolres Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas mengatakan puluhan motor dan delapan terduga pelaku pencurian kini berada di Polresta Jayapura untuk dimintai keterangan lanjutan.

“Puluhan motor itu kami amankan karena tidak memiliki kelengkapan surat kendaraan dan tanpa pemilik. Sebagian di antaranya memiliki laporan polisi terkait kasus pencurian kendaraan bermotor di Polsek Abepura,” kata AKBP Gustav Urbinas, Minggu (05/08).

Menurutnya, Polresta Jayapura menggeledah rusunawa dan asrama mahasiswa sekitar karena kedua lokasi ini diduga sering digunakan pelaku pencurian menyembunyikan hasil kejahatannya.

Akan tetapi kata AKBP Gustav Urbinas, para pelaku bukan penghuni rusunawa atau asrama. Pelaku adalah orang luar, yang hanya menjadikan lokasi tersebut tempat menyimpan hasil curiannya.

Ia mencontohkan, para terduga pelaku yang diamankan saat penggeledahan bukan penghuni rusunawa dan asrama di sekitar rusunawa.

“Rusunawa sering dijadikan tempat persinggahan barang maupun pelaku kejahatan selama ini,” ucapnya.

Penggeledahan kali ini lanjut AKBP Gustav Urbinas, sebagai upaya menekan angka kejahatan di wilayah hukum Polresta Jayapura, terutama terkait maraknya kasus pencurian kendaraan bermotor. (Arjuna/Redaksi)