Perdana Dalam Pameran Anggrek APOC, PAI Merauke Boyong 2 Penghargaan

Perdana Dalam Pameran Anggrek APOC, PAI Merauke Boyong 2 Penghargaan

Ketua DPC PAI Merauke, Ny Rini Dewarusi Nebore Gebze menyerahkan sertifikat penghargaan APOC di Malaysia kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze

Metro Merauke – DPC Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Merauke, Papua berhasil mengharumkan nama daerah dikancah dunia. Pasalnya, melalui pamenaran tanaman anggrek, Merauke memborong dua juara sekaligus pada Asia Pacific Orchid Conference (APOC) tahun 2019 yang digelar di Sarawak, Malaysia belum lama ini.

Meski bagu perdana mengikuti iven APOC, Perhimpunan Anggrek Indonesia Kabupaten Merauke berhasil menyabet dua penghargaan dalam pameran anggrek tersebut. Yakni, anggrek jenis keribo mendapatkan juara dua dan anggrek kelinci keluar sebagai juara 3.

“DPC PAI Merauke mengikut sertakan lima tanaman anggrek dalam lomba, masing-masing anggrek keribo, anggrek yohanes, anggrek kelinci dan anggrek jenis bawang,” ujar Sekretaris DPC PAI Merauke, Paula Mahuze.

Bukti keberhasilan PAI Merauke dalam iven APOC di Malaysia secara langsung diserahkan sertifikat penghargaan kepada Bupati Merauke, Frederikus Gebze.

Sebelumnya, Ketua DPC PAI Merauke, Rini Dewarusi Nebore Gebze menyebut, menjadi impian PAI Merauke untuk dapat tampil membawa anggrek lokal unggulan yang telah mendunia, supaya tanaman anggrek semakin dicintai dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam melestarikan potensi sumber daya alam yang satu ini.

“Anggrek Merauke sering menang dalam perlombaan ditingkat nasional bahkan dunia, sayangnya bukan orang dari Merauke yang ikut lomba. Dan menjadi impian PAI agar Merauke bisa tampil dengan anggreknya sendiri. Terbukti pada APOC, Merauke berhasil mengharumkan nama daerah meraih dua penghargaan,” katanya.

Rini Gebze berharap, kiprah PAI Merauke maupun pihak terkait lainnya tidak berhenti sampai disitu. Melainkan, perlu terus ditingkatkan lewat capaian program kerja dan menggandeng pecinta dan pembudidaya anggrek maupun masyarakat untuk bersama melestarikan anggrek dengan baik.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze mengapresiasi keberhasilan PAI Merauke pada iven tingkat dunia.

“Ini menjadi keberhasilan kita semua. Dan Pemda akan mendukung sepenuhnya sepanjang berjalan sesuai rambu-rambu. Kedepan perlu dibangun koordinasi bersama yang lebih baik lagi,” ucap bupati. (Nuryani)