Areal Tugu Pepera Rusak, Dinas Pariwisata Segera Perbaiki

Areal Tugu Pepera Rusak, Dinas Pariwisata Segera Perbaiki

Nampak areal pagar tugu Pepera yang rusak usai ditabrak truk

Metro Merauke – Dinas Pariwisata Merauke, Papua belum dapat memperkirakan besarnya kerugian akibat kerusakan areal tugu Pepera pasca ditabrak kendaraan roda enam (truk) dua hari lalu, Jumat (26/7).

Dinas tersebut perlu melakukan pengecekan langsung ke lokasi tugu guna mengetahui tingkat kerusakan yang ditimbulkan dari peristiwa kecelakaan tersebut.

Baca juga: Sopir Diduga Mabuk, Truk Hantam Pagar Tugu Pepera Hingga Rusak

“Kita perlu melakukan tinjauan langsung ke lokasi. Kemungkinan Senin besok baru mengecek dan berkoordinasi dengan pihak terkait, karena sejumlah pegawai Dinas Pariwisata baru selesai mengikuti kegiatan Pemilihan Putri Papua di Boven Digoel,” ujar Plt Kepala Dinas Pariwisata, Marcelus Macau kepada Metro Merauke, Minggu (28/7).

Sebagai salah satu tempat bersejarah dan menjadi destinasi wisata Merauke, Dinas Pariwisata sebenarnya telah merencanakan untuk melakukan penataan tugu Pepera. Semisal dengan pengecatan, perbaikan lampu hias maupun peningkatan pagarnya.

Terlebih menjelang pelaksanaan PON XX tahun 2020, tugu Pepera, kata Macau, sesuai rencana bakal dipercantik agar menarik wisatawan datang berkunjung.

“Tentu musibah ini diluar dugaan. Sehingga perbaikan harus segera kita lakukan,” katanya.

Dikatakannya, pihaknya pun perlu berkoordinasi dengan kepolisian, Satlantas Polres Merauke untuk mengetahui pasti peristiwa tersebut.

“Kita juga perlu mengetahui pasti kronologis kejadian dari kepolisian. Kalau memang pelakunya dinyatakan bersalah, sudah seharusnya ikut bertanggungjawab dalam perbaikan tugu,”pungkasnya. (Nuryani)