Papua Kehilangan Sosok Karismatik

Papua Kehilangan Sosok Karismatik

Suasana paripurna pelepasan jenazah Jan L Ayomi di ruang sidang DPR Papua

Metro Merauke – Kepergian salah satu tokoh politik Papua, Jan L Ayomi menyisahkan duka. Tidak hanya untuk keluarga, juga para rekannya di DPR Papua.

Wakil Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah atau Bapemperda DPR Papua, Emus Gwijangge mengatakan almarhum yang merupakan politikus senior DPD Golkar Papua itu salah satu tokoh yang menjadi panutan para politikus muda Papua. Kepergian Jan L Ayomi membuat Papua kehilangan salah satu sosok karismatiknya.

“Sejak pertama saya duduk di DPR Papua periode 2014-2019, saya bersama-sama almarhum di Bapemperda. Saya pribadi menganggap almarhum sebagai orangtua dan tokoh inspiratif,” kata Emus Gwijangge, Jumat (19/07).

Sebagai politikus senior di DPR Papua yang telah memiliki segudang pengalaman kata Emus, almarhum Jan L Ayomi selalu mengingatkan para politikus muda yang duduk di DPR Papua, terutama mereka yang diberi tugas merancang perdasi/perdasus di Bapemperda.

“Almarhum merupakan salah satu orang yang selalu menjadi pelopor lahirnya berbagai perdasi/perdasus inisiatif DPR Papua. Beliau selalu membimbing kami,” ujarnya.

Kata Emus, di DPR Papua Jan L Ayomi memiliki pengaruh besar. Ia merupakan salah satu penggerak dalam pengesahan sebanyak kurang lebih 36 perdasi/perdasus oleh DPR Papua periode 2014-2019. Misalnya saja Perdasus partai politik lokal dan Perdasus rekrumen politik orang asli Papua.

Selain ketokohannya, almarhum juga dianggap seorang yang bijaksana dan berpikir negarawan. Jan L Ayomi juga terlibat dalam berbagai organisasi.

“Keluarga yang ditinggalkan semoga diberi ketabahan. Secara pribadi dan mewakili Bapemperda DPR Papua, kami berduka dengan kepergian beliau. Kami akan melanjutkan apa yang diperjuangkan almarhum selama ini,” ucapnya.

Jan L Ayomi meninggal dunia di RSUD Jayapura pada 15 Juli 2019 karena sakit. Almarhum memulai karir politiknya dengan menjadi salah satu kader Partai Golkar. Pada 1997, ia duduk sebagai anggota DPR RI utusan daerah Provinsi Irian Jaya. Karir politik Jan Ayomi di parlemen berlanjut pada periode 1999.

Dalam Pemilu tahun itu, almarhum terpilih sebagai anggota DPRD Tingkat I Irian Jaya periode 1999-2004. Pada pemilihan legislatif 2004, ia kembali terpilih sebagai anggota DPR Papua periode 2004-2009, berlanjut hingga periode 2009-2014 dan periode 2014-2019. Hingga meninggal dunia, almarhum tercatat sebagai anggota Komisi III DPR Papua.

Jenazah almarhum dimakamkan di Pemakaman Kristen Tanah Hitam, Distrik Abepura, Kota Jayapura pada Jumat (19/07).

Sebelum pihak keluarga menyerahkan jenazah almarhum untuk dimakamkan secara militer, terlebih dahulu dilakukan paripurna istimewah pelepasan jenazah di DPR Papua. (Arjuna)