Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Pastikan Stok Hewan Kurban di Merauke Mencukupi

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Pastikan Stok Hewan Kurban di Merauke Mencukupi

Dinas Peternakan melakukan bersih-bersih pasar hewan kurban yang akan dibuka mulai 2 – 10 Agustus

Metro Merauke – Diperkirakan permintaan hewan kurban untuk Hari Raya Idul Adha di Merauke pada 11 Agustus 2019 bakal meningkat. Kendati demikian, Dinas Peternakan Merauke, Papua, memastikan ketersediaan hewan kurban, aman.

Kepala Dinas Peternakan Merauke, Bambang Dwiatmoko mengatakan, petugas akan dikerahkan untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

“Tahun lalu hampir 600 ekor hewan kurban dan dipastikan pada hari raya Idul Adha 1440 H jumlah hewan kurban meningkat. Kita bisa pastikan ketersediaan hewan kurban cukup. Karena setiap tahun kita ada perbaikan,” ujarnya kepada Metro Merauke, Jumat (19/7).

Menurut Bambang, penyediaan hewan kurban wajib dilaksanakan, mulai dari memantau ketersediaan hewan, hingga memastikan kualitas hewan kurban.

Untuk mempermudah masyarakat mencari hewan kurban, berupa sapi dan kambing Dinas Peternakan akan membuka pasar hewan kurban, mulai 2 -10 Agustus.

Tidak hanya itu, Dinas Peternakan pun menyiapkan Rumah Potong Hewan (RPH) sebagai tempat pemotongan hewan kurban yang aman. Pemotongan dilakukan secara terjadwal, dimulai 11, 12, 13 dan 14 Agustus.

“Di RPH sebelum dan sesudah di potong dilakukan pemeriksaan, agar daging kurban benar-benar aman dikonsumsi. Tapi kalau ada yang mau memotong hewan kurban di luar RPH, seperti di halaman masjid maupun sekolah, telah kita siapkan petunjuk teknisnya,”tandasnya. (Nuryani)