Tahun Ini, 91 BTS  Dibangun di Asmat

Tahun Ini, 91 BTS  Dibangun di Asmat

Rumah masyarakat Korowai-Asmat yang masih di atas pohon | IST

Metro Merauke – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan membangun 92 BTS di sejumlah titik di Kabupaten Asmat. Sehingga masyarakat bisa menggunakan jaringan untuk berkomunikasi dengan keluarganya yang berada di tempat jauh.

Hal itu disampaikan Kepala Infokom Kabupaten Asmat, Jamaluddin kepada wartawan Rabu (17/7). “Memang kami mengusulkan ke Kementerian Kominfo sebanyak 102 BTS. Namun direalisasikan 92 BTS yang akan dibangun di sejumlah kampung dan distrik. Kami berterimakasih kepada kementerian, karena meresponi cepat permintaan BTS,” ujarnya.

Dikatakan, Kabupaten Asmat masuk dalam daerah merdeka sinyal. Dengan demikian, Kementerian Kominfo memberikan prioritas untuk membangun BTS di kampung-kampung. Tujuannya agar masyarakat dapat melakukan telpon dengan siapa saja termasuk keluarganya di luar daerah.

Khusus masyarakat Korowai, menurut dia, tahun 2018 telah dibangun dua BTS yakni di Kampung Bamun serta Mabul. Sehingga kini masyarakat setempat sudah bisa telpon kemana-mana.

Ditambahkan, tahun ini juga ada penambahan pembangunan lima BTS  bagi masyarakat suku Korowai. Hanya saja, tempatnya belum dipastikan, lantaran harus dilakukan survey terlebiih dahulu.

“Tim harus ke sejumlah kampung untuk melihat lokasi, agar ketika pendropingan material, tak mengalami kesulitan, mengingat akses transportasi agak sulit,” ungkapnya. (LKF)