Blanko e-KTP Habis, Marthen Gana: Kami Sudah Usulkan ke Pusat

Blanko e-KTP Habis, Marthen Gana: Kami Sudah Usulkan ke Pusat

Kepala Disdukcapil Merauke, Marthen Gana beri keterangan | LKF

Metro Merauke – Kurang lebih dua minggu terakhir, pelayanan blanko e-KTP untuk masyarakat di Kantor Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Merauke, tak berjalan, lantaran terjadi kekosongan.

“Kami sudah mengusulkan ke pusat untuk penambahan 2000 lembar blanko e-KTP, hanya saja belum dipenuhi. Baru tadi pagi, kami mendapatkan 500 lembar dari Jayapura,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Capil Merauke, Marthen Gana kepada sejumlah wartawan Jumat (12/7/2019).

“Atas nama pemerintah, saya menyampaikan permohonan maaf  karena masyarakat yang membutuhkan blanko, tak dilayani dengan cepat. Itu semata-mata akibat  permintaan dari pusat belum direalisasikan,” ujarnya.

Dikatakan, permintaan blanko e-KTP setiap hari sangat tinggi antara 100 sampai 200 orang. “Kemungkinan mereka mengurus untuk pindah alamat, perubahan status dan lain-lain,” katanya.

Dijelaskan, untuk membantu masyarakat yang membutuhkan cepat pelayanan, dinas mengeluarkan surat keterangan. “Kami segera layani jika ada yang membutuhkan,” ungkapnya.

Ditambahkan, meskipun pelayanan e-KTP tak berjalan normal, namun pelayanan lain seperti pengurusan akte kelahiran dan dokumen kependudukan lain, tetap berjalan sebagaimana biasa. (LKF)