Plt Direktur Merancang Taman Eden di RSUD Jayapura 

Plt Direktur Merancang Taman Eden di RSUD Jayapura 

Plt. Direktur RSUD Jayapura, dr. Aloysius Giyai

Metro Merauke – Pacsa-ditunjuk menjabat pelaksana tugas atau Plt. Direktur RSUD Jayapura, dr. Aloysius Giyai mengagendakan sejumlah program untuk rumah sakit milik Pemerintah Provinsi Papua itu.

Selain berupaya menyelesaikan berbagai masalah di RSUD Jayapura, Aloysius Giyai yang juga Kepala Dinas Kesehatan Papua ini menyatakan akan membuat sebuah taman di sekitar lokasi rumah sakit. Taman itu akan diberi nama “Taman Eden Penyembuhan”.

“Saya target rumah para dokter dan asrama perawat di depan seberang jalan depan gedung instalasi rawat jalan, akan pindahkan ke lokasi baru. Kemudian saya buat lokasi itu menjadi Taman Eden Penyembuhan,” kata dr. Aloysius Giyai, Kamis (11/07).

Mantan Direktur RSUD Abepura, Kota Jayapura ini menyatakan akan berupaya semampunya membenahi berbagai masalah di RSUD Jayapura, meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta memperbaiki berbagai fasilitas yang dianggap sudah tidak layak. Salah satunya Unit Gawat Darurat (UGD).

Tahun ini ia memprogramkan pembangunan UGD baru karena UGD kini dinggap sudah tidak memenuhi standar. dr. Aloysius Giyai juga akan membenahi masalah air dan listrik di rumah sakit yang selama ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar.

Instalasi pipa air untuk kebutuhan rumah katanya, mesti terpisah dari instalasi air ke rumah warga sekitar. Bahkan kalau memungkinkan sumber (ada mata air) sendiri untuk RSUD Jayapura.

“Kami usahakan. Instalasinya tidak usah di dalam tanah agar mudah dikontrol. Kami akan cek kembali mata air di gunung di atas rumah sakit. Dulu waktu saya plt saya bersama orang PDAM sudah mengeceknya dan layak. Tapi setelah saya, tidak lanjut. Saya akan cek lagi. Semua itu bisa, tinggal niat,” ucapnya.

Ia juga mengingatkan jika agar pegawai RSUD Jayapura tidak bertingkah. Jika ada yang seperti itu disarankan sebaiknya angkat kaki dari RSUD Jayapura.

“Perawat, bidan, dokter, pejabat di dalam rumah sakit, tupoksinya jelas. Jangan korek sana sini. Saya hanya melaksanakan amanah pimpinan saya,” ujarnya. (Arjuna)