Mantan Kepala Badan Kesbangpol Kembalikan Randis, Bupati Diminta Terapkan Aturan Merata

Mantan Kepala Badan Kesbangpol Kembalikan Randis, Bupati Diminta Terapkan Aturan Merata

Sekda Merauke Daniel Pauta menerima kunci dan surat kendaraan dinas yang selama ini digunakan Felix Liem dalam menjalankan tugas Kepala Badan Kesbangpol

Metro Merauke – Mantan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Merauke, Papua, Felix Liem Gebze mengembalikan kendaraan dinas (randis) kepada Pemkab Merauke usai resmi mengundurkan diri sebagai ASN.

Pengembalian kendaraan dinas dengan nomor polisi DS 5963 GD itu diterima Sekretaris Daerah, Daniel Pauta, Kamis (11/7).

Dikatakannya, sebagai pejabat harus memberikan contoh sesuai dengan peraturan. Dimana setiap pegawai negeri setelah pensiun maupun mengundurkan diri dari jabatan, wajib mengembalikan fasilitas negara. Baik berupa kendaraan maupun rumah dinas.

“Hari ini saya serahkan aset Negara. Sudah sesuai ketentuan, fasilitas negara yang berkaitan dengan jabatan wajib dikembalikan,” ujar Felix Liem kepada wartawan.

Diungkapkannya, sebelum ia resmi mengundurkan diri, sejumlah personel Satpol PP telah diutus mendatangi rumahnya guna menarik kendaraan dinas yang telah digunakannya selama tiga tahun terakhir.

Kondisi yang dialaminya saat itu membuatnya menjadi kurang nyaman. “Saat itu bukan saya tidak mau mengembalikan mobil, tapi penilaian masyarakat seperti apa karena saya masih dalam jabatan,” katanya.

Ia bahkan merasa diperlakukan tak adil saat harus dikejar-kejar aparat untuk segera mengembalikan kendaraan dinas itu. Dirinya berharap kebijakan bupati yang diambil untuknya itu, juga benar-benar dapat diterapkan secara merata terhadap pegawai negeri lainnya yang diketahui telah pensiun maupun mengundurkan diri.

“Saya jangan dilecehkan dihadapan masyarakat, seakan-akan saya ada masalah besar. Ketidak adilan yang saya alami. Sedangkan ada pegawai yang pensiun malah dikasih mobil baru sebagai penghargaan, ada juga yang bawa 2-3 mobil aset negara,” celetuknya.

Sekda Merauke, Daniel Pauta mengapresiasi langkah mantan Kepala Badan Kesbangpol, Felix Liem karena telah memberikan contoh yang baik dalam penegakan aturan.

“Kalau semua orang mau kembalikan kendaraan dinas bila tidak lagi menjadi pegawai negeri sangat baik, karena ini aset daerah,” tandas Sekda.

Sebelumnya Kepala Badan Kesbangpol, Felix Liem mengaku mengundurkan diri pegawai negeri karena akan ikut bertarung dalam pemilihan kepala daerah 2020 mendatang. (Nuryani)