Kapolda Papua Perintahkan Kapolres Nabire Awasi Kapal yang Diduga Ilegal

Kapolda Papua Perintahkan Kapolres Nabire Awasi Kapal yang Diduga Ilegal

Kapolda Papua, Irjen Pol Rudolf Aberth Rodja

Metro Merauke – Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja menyatakan telah memerintahkan Kapolres Nabire dan jajarannya mengawasi aktivitas pembuatan kapal di kilometer 102 Distrik Siriwo, Kabupaten Nabire, Papua.

Pembuatan kapal yang diduga akan digunakan untuk aktivitas penambangan emas salah satu perusahaan dari China tersebut dianggap ilegal oleh berbagai pihak, termasuk beberapa anggota DPR Papua.

Irjen Pol Rudolf Alberth Rodja mengatakan, ia telah memerintahkan Kapolres Nabire mengecek kapal tersebut. Kapal itu belum beroperasi. Ini merupakan kewenangan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral Provinsi Papua dan para pengambil kebijakan lain.

“Kalau beroperasi ilegal akan kami tindak. Kami akan lihat apakah memiliki izin atau tidak. Saya sudah perintahkan Kapolres awasi apa yang akan dibuat kapal ini. Kalau mau melakukan pertambangan apakah ada izin atau tidak. Izinnya legal atau tidak. Kalau ilegal kami tindak,” kata Irjen Pol Rudolf A Rodja kepada wartawan, Rabu (10/07).

Ia berharap, para pengambil kebijakan lain dapat pro aktif, karena ini bukan hanya ranah kepolisian. Selama kapal tersebut belum dioperasikan, polisi belum dapat bertindak.

“Dia (kapal itu) belum melakukan tindakpidana. Itu bukan domain polisi. Kan baru buat kapal, kapalnya untuk apa belum tahu. Jadi jangan tanya dulu ini tindakpidana dan lain-lain. Kalau melakukan tindakpidana saya akan proses,” ujarnya. (Arjuna)