Namazu Kabayaki, Nikmatnya Lele Berlumur Saus Tare

Namazu Kabayaki, Nikmatnya Lele Berlumur Saus Tare

Namazu Kabayaki

Metro Merauke – Unagi kabayaki merupakan menu makanan asal Jepang yang cukup populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kabayaki adalah salah satu cara mengolah ikan dengan membelahnya menjadi dua bagian, membersihkan tulang-tulang dan isi perut, menusuk daging ikan dengan tusukan bambu atau besi, kemudian memanggang dan membumbui ikan beberapa kali.

Seperti dikutip dari viva.co.id, teknik memasak kabayaki biasanya menggunakan belut atau ikan sidat Jepang (Unagi) sebagai bahan dasarnya. Namun, penggemar Unagi Kabayaki saat ini harus merogoh kantong cukup dalam untuk menikmatinya. Tingginya harga ikan sidat Jepang disebabkan oleh populasinya yang terus berkurang akibat tingkat konsumsi yang tinggi dalam beberapa dekade terakhir. Pemerintah Jepang bahkan telah menetapkan ikan sidat Jepang sebagai hewan yang dilindungi.

Hal ini membuat salah satu restoran Jepang, Ichiban Sushi melakukan inovasi dengan menghadirkan menu Namazu Kabayaki, yang mana bahan utama unagi dalam menu ini diganti dengan ikan lele atau yang dikenal masyarakat Jepang sebagai catfish. Hari ini, VIVA pun berkesempatan untuk mencoba mencicipi menu namazu ini.

Namazu atau ikan lele ini disuguhkan dalam satu porsi yang disajikan bersama dengan saus tare (saus yakiniku yang dibuat secara khusus). Namazu ini memiliki penampilan kecokelatan dengan siraman saus tare cokelat dengan tekstur sedikit kental.

Untuk teksturnya, namazu ini pun terbilang cukup lembut dan tipis, berbeda jika dibandingkan dengan tekstur unagi yang tebal dan sedikit chewy. Teksturnya pun ketika pertama kali dicicipi sekilas mirip dengan filet ayam, namun tidak berserat seperti ayam pada umumnya.

Soal rasa, ketika namazu digigit pertama kali, rasa jahe yang muncul kemudian setelahnya rasa manis mendominasi hingga after taste-nya. Aroma grill juga begitu terasa yang menambah sensasi untuk makan. Unagi ini pun akan terasa lebih nikmat jika ditambah dengan bubuk cabai untuk menambah cita rasa.

Selain disuguhkan bersamaan dengan salad dan nasi, menurut General Manager Ichiban Sushi, namazu atau ikan lele ini juga akan dibuat dalam bentuk roll yakni namazu tiger roll dan namazu dragonball roll. Untuk menu namazu tiger roll ini merupakan sushi dengan isian udang tempura, namazu, fish roe dan disajikan dengan black sesame seed dan mayonaise.

Sedangkan untuk menu namazu dragonball adalah menu sushi dengan isian namazu, salmon skin, fish roe dan disajikan dengan black sesame seed dan mayonaise. Kedua menu ini bisa Anda nikmati sekitar bulan September mendatang.Sedangkan untuk menu namazu ini sudah bisa dinikmati di seluruh gerai Ichiban Sushi sejak Mei 2019 lalu dengan harga Rp27 ribu per porsi, atau Rp30 ribu dengan minuman blackcurrant atau lemon tea. (nsa)

Tim viva.co.id