Sepekan Hilang, Keberadaan Helikopter MI-17 Masih Misterius

Sepekan Hilang, Keberadaan Helikopter MI-17 Masih Misterius

Tim gabungan saat melakukan pencarian - Dok Pendam XVII Cenderawasih

Metro Merauke – Keberadaan helikopter MI-17 dengan nomor registrasi 5138 yang hilang kontak sejak sepekan lalu, hingga kini masih misterius.

Tim gabungan TNI, Polri, Basarnas yang dibantu masyarakat melakukan pencarian, belum juga menemukan tanda-tanda keberadaan helikopter milik TNI AD itu hilang kontak pascalepas landas dari Bandara Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang, Jumat (28/06).

Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan, upaya tim gabungan melakukan pencarian melalui darat dan udara hingga Kamis (4/07), belum juga membuahkan hasil.

“Belum ditemukan tanda-tanda keberadaan helikopter. Proses pencarian terus dilakukan hingga Kamis (4/7/2019),” kata Kolonel Inf M. Aidi dalam rilis persnya, Kamis (4/07) petang.

Pencarian dari udara pada hari ini menurutnya, dilakukan sejak pukul 09.15  WIT menggunakan Helly Bell 412 milik TNI AD. Helly Bell tersebut, terbang dari Bandara Oksibil ke arah Distrik Okbape, dan memantau dua danau yang berada di puncak gunung.

Penerbangan dilanjutkan pada radius 23 NM arah barat laut Oksibil dengan ketinggian 12.000 feet.

Sekitar pukul 10.05 WP Helly Bell yang melakukan pemantauan kembali mendarat dikarenakan kabut tebal yang mendadak muncul dengan cepat, dan menutupi daerah lembah serta lereng pegunungan Oksibil.

“Pencarian tidak hanya dilakukan dari udara, pukul 10.45 WIT tim yang melakukan pencarian lewat jalur darat, diterjunkan menyisir Distrik Oksob,” ujarnya.

Pencarian melalui udara dihentikan pukul 14.34 WIT karena pertimbangan cuaca buruk, sedangkan pencarian melalui darat dihentikan pukul 16.00 WIT.

Hingga kini belum ditemukan tanda-tanda keberadaan Helikopter MI-17 yang membawa 12 orang tersebut. Tujuh di antaranya merupakan kru helikopter dan lima lainnya adalah prajurit TNI.

“Pencarian hari ini dinyatakan dihentikan sementara. Pencarian akan dilanjutkan esok hari,” ucapnya. (Arjuna)