Tak Terima Ditegur, ABK ‘Habisi’ Nahkoda Kapal Maju Jaya Baru

Tak Terima Ditegur, ABK ‘Habisi’ Nahkoda Kapal Maju Jaya Baru

Jenazah korban penganiayaan berat, ABK KMN Maju Jaya Baru saat dievakuasi menuju RSUD Merauke

Metro Merauke – Seorang anak buah kapal (ABK) nekat membunuh nakhoda KMN Maju Jaya Baru. Alasannya sepele, diduga karena tidak terima ketika ditegur. Pelaku nekat menghabisi nyawa korban dengan cara membacok kepala korban.

Peristiwa nahas ini terjadi Selasa pagi (2/7), sekira pukul 07.00 WIT. Korban yang bernama Dayanto ini,  menegur pelaku yang berinisial RW agar tidak usah menjahit jaring. Setelah menegur pelaku, korban kemudian naik ke ruang kemudi kapal.

Pelaku yang tidak terima dengan teguran nahkoda, mereka pun terlibat perkelahian di atas kapal hingga korban terjatuh ke laut. Dan tidak lama kemudian pelaku dengan membawa parang terus mengejar korban hingga ikut melompat ke laut.

Pada saat itu pelaku membacok korban dan tepat mengenai kepala bagian atas sebelah kanan. Usai membacok nahkoda, pelaku langsung berenang melarikan diri. Saat kejadian kapal tersebut tengah berada di perairan Arafuru.

Kapolres Merauke, AKBP Bahara Marpaung saat dikonfirmasi membenarkan peristiwa tersebut. Pihaknya masih melakukan pengejaran terhadap pelaku yang telah melarikan diri sesaat setelah melakukan pembacokan.

Dikatakan Kapolres, dari hasil pemeriksaan diketahui, setelah kejadian, ABK lainnya menolong korban dengan diangkat di atas kapal, kemudian kapal melanjutkan perjalanan membawa korban ke pelabuhan terdekat, di Wanam.

Sayangnya, korban yang mengalami luka robek di bagian kepala, diketahui meninggal dunia dalam perjalanan sekira pukul 10.00 WIT.

“Korban tengah dievakuasi ke Merauke menggunakan pesawat udara,” kata Kapolres.

Barulah pukul 14.00 WIT, jenazah nahkoda KMN Maju Jaya Baru tiba di Bandar Udara Mopah selanjutnya dibawa ke RSUD guna dilakukan visum dan pemeriksaan lebih lanjut. (Nuryani)