Hari Pertama Tes CPNS Berlangsung, Kepala BKD: Pengumuman Hasilnya Agustus  

Hari Pertama Tes CPNS Berlangsung, Kepala BKD: Pengumuman Hasilnya Agustus  

Peserta tes CPNS tengah bersiap-siap mengikuti testing yang dilaksanakan di SMA Negeri I Merauke

Metro Merauke – Tes calon pegawai negeri sipil (CPNS) hari pertama di Merauke, Papua berlangsung Jumat (28/6), diawali dengan peserta sebanyak 100 orang. Bupati Merauke, Frederikus Gebze membuka pelaksanaan tes CPNS yang dipusatkan di SMA Negeri 1 Merauke ditandai dengan pengguntingan pita.

Tahun ini BKD Merauke menggunakan sistem komputerisasi dalam perekrutannya. Total ada 100 komputer yang disediakan untuk digunakan dalam tes.

Dikatakan Kepala BKD, Yeremias Ndiken, antusiasme masyarakat Merauke untuk mendaftar CPNS masih tinggi. Terbukti, dari 472 formasi, pendaftarnya mencapai ribuan orang.

“Formasi yang dibutuhkan masing-masing guru sebanyak 183 orang, Kesehatan 109 orang dan umum yang akan ditempatkan di dinas-dinas, kelurahan dan kantor distrik sebanyak 177 orang,” terangnya kepada wartawan, Jumat (28/6).

Secara keseluruhan, lanjutya jumlah pelamar yang telah lolos adminsitrasi dan siap mengikuti tes CPNS sebanyak 3.800 peserta.

“Hari pertama dan besok yang mengikuti tes untuk S1 dibagi dalam empat sesi. Waktu pelaksanaan testing 90 menit. Setelah itu akan dilanjutkan bagi D III, dan tanggal 5-9 Juli akan diikuti peserta untuk lulusan SMA,” katanya.

Pihaknya menjamin peserta tes CPNS yang lolos nantinya memiliki prestasi yang baik. Sebab, pelaksanaan tesnya dilakukan secara komputer dan transparan. “Pengumuman hasil tes CPNS akan dilakukan pada Agustus mendatang.”

Sebelum pelaksanaan tes, para peserta diverifikasi kembali datanya. Bila dianggap sesuai, maka peserta akan mendapatkan pin user name untuk masuk ke sistem komputerisasi. Di dalam ruangan para peserta tidak diperbolehkan membawa peralatan apa pun.

“Kita harapkan pelaksanaan tes CPNS dapat berjalan lancar hingga selesai,” pungaksnya. (Nuryani)