KSOP Peringatkan Kapal Nelayan Hati-Hati Berlayar

KSOP Peringatkan Kapal Nelayan Hati-Hati Berlayar

Kepala KSOP Merauke, M Junaidi

Metro Merauke – Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Merauke, Papua mengeluarkan imbauan agar kapal nelayan lebih berhati-hati dalam berlayar. Pasalnya, berdasarkan laporan pantauan prakiraan cuaca dari BMKG, dalam beberapa hari terjadi gelombang laut antara 1,25 meter-2,5 meter.

Kepala KSOP Merauke, M Junaidi mengatakan, dengan kondisi cuaca saat ini dinilai dalam kategori membahayakan, khususnya bagi nelayan tradisonal. Sehingga pihaknya meminta kapal nelayan lebih berhati-hati berlayar dengan memperhatikan cuaca.

“Kita masih bisa berikan surat perintah berlayar, tapi himbauan khusus untuk kapal-kapal nelayan akan kita keluarkan agar lebih berhati-hati,” katanya kepada wartawan, Selasa (11/6).

Sebelumnya dari BMKG telah mengeluarkan peringatan dini adanya gelombang tinggi berlaku 10-13 Juni.

Bagian Prakirawan BMKG Merauke, Yunita menyebut, diperkirakan tinggi gelombang di laut Arafuru bagian timur hingga perairan Yos Sudarso bagian barat di sekitar pesisir Distrik Waan masih dalam kategori tinggi, mencapai 2-3 meter.

“Hal ini karena perbedaan tekanan yang cukup tinggi antara belahan bumi selatan dan belahan bumi utara sehingga menyebabkan adanya aliran massa udara yang bergerak dari timur-tenggara dengan kecepatan angin maksimum mencapai 25-30 knot wilayah Papua bagian selatan,” terangnya. (Nuryani)