Berbagai Pihak Diminta Terlibat Ciptakan Kamtibmas Jelang Pengumuman Caleg Terpilih

Berbagai Pihak Diminta Terlibat Ciptakan Kamtibmas Jelang Pengumuman Caleg Terpilih

Pertemuan berbagai pihak di Mapolda Papua

Metro Merauke – Kepolisian Daerah Papua meminta berbagai pihak berpartisipasi menciptakan keamanan dan ketertiban masyarakat pasca-putusan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) serta saat pengumuman penetapan calon anggota legislatif terpilih mendatang.

Pernyataan itu disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Ahmad Mustofa Kamal usai pertemuan dengan KPU Papua, Bawaslu Papua, tokoh masyarakat, tokoh agama dan berbagai pihak terkait lainnya di Mapolda Papua, Selasa (11/06).

Pertemuan itu membahas langkah antisipasi kemungkinan terjadinya kisruh di masyarakat pasca-putusan PHPU oleh Mahkamah Konstitusi, 28 Juni 2019 dan ketika pengumuman penetapan caleg terpilih yang akan dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia pada 1 Juli 2019.

“Bagaimana agar situasi di Papua tetap kondusif. Ini bukan hanya tanggung jawab kepolisian, penyelanggara dan pemerintah. Partisipasi semua pihak dibutuhkan,” kata Kombes Pol A.M. Kamal.

Peran tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda dinilai sangat penting untuk menciptakan situasi aman di masyarakat sesuai fungsinya masing-masing.

Para pihak itu diharapkan dapat mengajak masyarakat untuk tidak gampang terhasut oleh isu apapun yang disebarkan pihak tidak bertanggung jawab.

Polda Papua juga mengimbau para calon legislatif yang tak puas, agar tidak dengan sengaja memprovokasi atau menghasut masyarakat karena dapat berujung terjadinya pelanggaran hukum.

“Kalau ada yang melakukan pelanggaran hukum, misalnya merusak fasilitas publik atau milik organisasi, perorangan dan lainnya, pasti akan diproses hukum karena itu pidana,” ujarnya.

Ketua KPU Papua, Paskalis Kossay mengatakan, pertemuan tersebut merupakan koordinasi antara penyelenggara pemilu dan pihak keamanan untuk memastikan keamanan pasca-putusan PHPU dan saat pengumuman penetapan calon anggota DPR terpilih.

“Antisipasi penting dilakukan untuk pencegahan dini terhadap potensi kisruh yang dapat terjadi. Ketika ada gesekan saat penetapan, sudah dapat diantisipasi oleh penyelenggara dan aparat keamanan,” kata Paskalis Kossay. (Arjuna)

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/06/11/berbagai-pihak-diminta-terlibat-ciptakan-kamtibmas-jelang-pengumuman-caleg-terpilih/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz