Perdana, PT ACP Kirim CPO 1.700 Ton ke Jakarta

Perdana, PT ACP Kirim CPO 1.700 Ton ke Jakarta

Tengah dilakukan bongkar muat CPO di Pelabuhan Merauke

Metro Merauke – Untuk pertama kalinya PT Agri Cipta Persada (ACP) Muting, Merauke, Papua melakukan pengiriman minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) ke Jakarta. Pengiriman CPO perdana sebanyak 1.700 ton menggunakan kapal tanker MT Hadi V.

Saat ini proses bongkar muat tengah berlangsung di Pelabuhan Merauke dan ditangani langsung PBM Pelindo Merauke.

General Manager PT ACP-APM, Kolbert Ferdinan Simamora mengatakan, pihaknya kini telah mampu mengirim CPO hasil produksi sawit Merauke yang selanjutnya akan diolah di pabrik minyak goreng, Jakarta.

“Pabrik di Muting setiap harinya memproduksi sebanyak 75 ton. Dan saat ini sudah saatnya CPO dari Muting kita kirim ke Jakarta,” terangnya kepada wartawan disela-sela memantau aktifitas bongkar muat CPO di Pelabuhan Merauke, Senin (27/5).

Meski saat ini pengiriman CPO Merauke masih sebatas di pasar domestik, lanjut Simamora, dengan hasil produksi sawit mentah dari ACP yang terus meningkat, ditargetkan beberapa tahun kedepan, CPO Merauke akan mampu menembus hingga ke pasar dunia.

“Ke depan kalau produksi CPO banyak hingga 5 ribuan ton, bila ada permintaan ke luar negeri pasti akan kita kirim,” katanya.

Pihaknya optimis dengan mulai adanya pengiriman CPO dari Merauke, dipastikan ikut memberikan dampak besar memacu pertumbuhan dan peningkatan ekonomi daerah. Termasuk kemajuan para petani sawit.

“Hanya saja kita berharap untuk mendukung kelancaran jalur keluar-masuknya kapal, termasuk tangker, baiknya jalur menuju muara untuk diperdalam sekitar 10 meter lagi. Ini penting dan menjadi masukan untuk Pemerintah Daerah,” tukasnya.

Sementara itu, PT Pelindo IV Merauke sebagai pihak yang ditunjuk melakukan bongkar muat CPO, mengapresiasi PT ACP karena dinilai berhasil dan mampu melakukan pengiriman perdana minyak sawit mentah sampai ke luar daerah.

“Harapannya dapat berkesinambuangan sehingga dapat memberi efek peningkatan kesejahteraan masyarakat, menunjang kemajuan pembangunan di daerah. Ini menunjukan Merauke semakin maju,” kata Manager Operasi PT Pelindo IV Zul Effendy. (Nuryani)