KPK Tunggu Realisasi Komitmen Perbaikan Aset Pemprov Papua

KPK Tunggu Realisasi Komitmen Perbaikan Aset Pemprov Papua

Ilustrasi kendaraan dinas yang merupakan aset daerah

Metro Merauke – Koordinator Supervisi Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah Papua, Maruli Tua menyatakan, pihaknya menunggu realisasi komitmen Pemerintah Provinsi Papua memperbaiki tata kelola aset milik pemerintah di daerah itu.

Ia mengatakan, gubernur, Sekda dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) telah komitmen akan memperbaiki secara signifikan tata kelola aset daerah, sehingga KPK menunggu realisasi penyelesaian Peraturan Daerah (Perda) dan pembentukan tim Badan Milik Daerah (BMD).

Tim BMD yang dibentuk nantinya, akan diisi keterwakilan beberapa unsur di antaranya Badan Pertanahan Nasional, Kejaksaan, Kepolisian dan pemerintah.

“KPK tetap berdiri dibelakang untuk mengkoordinir dan memastikan keberadaan tim ini (BMD) efektif,” kata Maruli Tua, di Jayapura, Sabtu (26/05).

Penertiban aset menurutnya, memang sulit. Namun dapat dilakukan jika semua pihak berkomitmen, karena bagaimanapun aset merupakan masalah yang tidak kelihatan.

“Hampir setiap Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan menyebut aset pemerintah daerah bermasalah,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Wilayah VIII KPK, Adlinsyah Malik Nasution mengatakan, terkait aset ada beberapa masalah yang harus diselesaikan, terutama yang masih dikuasai pihak tidak berhak.

“Aset daerah yang ada di Jakarta dan Papua, pemerintah daerah mesti memilih dan membuat kronologisnya agar tahu apa yang mesti dilakukan. KPK akan membantu dan mendorong semua prosesnya agar dapat berjalan baik,” kata Adlinsyah Malik Nasution. (Arjuna)

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/05/26/kpk-tunggu-realisasi-komitmen-perbaikan-aset-pemprov-papua/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz