Perkembangan Pembangunan Venue PON di Papua Dipertanyakan

Perkembangan Pembangunan Venue PON di Papua Dipertanyakan

Ilustrasi Stadion Utama PON Papua

Metro Merauke – Perkembangan pembangunan venue Pekan Olahraga Nasional XX di Papua pada 2020 mendatang dipertanyakan anggota komisi bidang infrastruktur DPR Papua, Thomas Sondegau.

Ia menilai hingga kini belum terlihat perkembangan berarti pembangunan venue PON di sejumlah klaster, padahal ajang pertandingan olahraga nasional empat tahunan itu sudah akan digelar pertengahan tahun depan.

“Misalnya saja GOR Cenderawasih di samping Kantor KONI Papua di Kota Jayapura, hingga kini belum direnovasi. Begitu juga Stadion Mandala Jayapura. Padahal dalam APBD Papua tahun ini, telah dianggarkan dana Rp 80 miliar untuk renovasi Stadion Mandala,” kata Thomas, Jumat (24/05).

Dinas Olahraga dan Pemuda, Dinas Pekerjaan Umum dan instansi pemerintah terkait lainnya diingatkan serius melihat masalah kesiapan venue PON itu.

Katanya, jika di wilayah Kota Jayapura yang merupakan tolok ukur kondisinya seperti itu, bagaimana dengan klaster lain yakni di Merauke, Jayawijaya, Biak dan Mimika.

“Pembangunan stadion utama PON Papua, Stadion Papua Bangkit di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura kini hampir rampung. Tapi tidak dapat dijadikan tolok ukur kesiapan sarana PON,” ujarnya.

Pertandingan cabor PON pada 2020 mendatang menurutnya, tidak hanya terpusat di stadion utama, namun di empat klaster lain. Ia tidak ingin pimpinan instansi terkait selalu beralasan menunggu perintah gubernur terkait kesiapan venue PON.

“Jangan semua harus tunggu gubernur. Gubernur tidak hanya urus PON, juga mengurus masyarakat. Beliau menempatkan pimpinan dinas untuk membantu tugas beliau,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Harian Panitia Besar PON Papua, Yunus Wonda mengatakan, pihaknya tetap fokus mendorong penyelesaian venue PON, dan prosesnya hingga kini terus berjalan.

“Kami harap semua pembangunan fisik venue rampung tahun ini. Tahun depan tinggal finising. Tidak lagi pembangunan fisik karena tahun itu fokus persiapan penyelenggaraan,” kata Yunus Wonda. (Arjuna)

 

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
http://metromerauke.com/2019/05/24/perkembangan-pembangunan-venue-pon-di-papua-dipertanyakan/
Twitter
YOUTUBE
PINTEREST
LINKEDIN
Instagram
Houzz